Advertisement

Mengejutkan! Ini Isi Pesan SBY buat Trump soal Pilpres AS

Rio Sandy Pradana
Minggu, 29 November 2020 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengejutkan! Ini Isi Pesan SBY buat Trump soal Pilpres AS Joe Biden dan Donald Trump bersaing keras meraup suara terbanyak di Pilpres AS 2020. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Belum lama ini, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebutkan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Donald Trump pada akhir masa baktinya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS).

SBY berpendapat Trump harus memiliki orientasi yang jelas dan gigih dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab, dan kewajibannya. Salah satunya adalah kepemimpinannya dalam upaya penanganan Covid-19.

Advertisement

"Amerika menurut saya menjadi contoh yang tidak sukses dalam menangani pandemi Covid-19 ini. Kalau Trump segera melakukan itu dengan sekuat tenaga, akan bagus legacy Trump di akhir masa baktinya," kata SBY yang dikutip melalui tayangan video yang diunggah lewat akun Facebook @SBYudhoyono, Sabtu (28/11/2020).

Selanjutnya, ujar SBY, adalah sektor pemulihan perekonomian. Perlu dilakukan langkah-langkah yang serius dalam prosesnya oleh Trump.

Terakhir, SBY mengingatkan soal pentingnya transisi kepemimpinan. Trump dinilai harus bisa menerima kekalahan dan mempersilakan Joe Biden untuk mempersiapkan pemerintahannya.

"Trump, bagaimanapun, sesedih apapun, harus membuka jalan. Ngasih karpet merah kepada Joe biden untuk mempersiapkan pemerintahannya, sehingga 20 Januari tahun depan, betul-betul sudah siap. Tentu ini baik untuk bangsa AS secara keseluruhan," tuturnya.

Sementara, Presiden AS Donald Trump mengatakan pembagian vaksin Covid-19 akan dimulai paling cepat pada pekan depan. Hal itu dikatakannya dalam sebuah acara telekonferensi dengan tentara AS di luar negeri seperti dikutip FoxNews.com, Jumat (27/11/2020).

"Seluruh dunia menderita dan kami sedang mengalami hal yang sama," ujar Donald Trump. Dia menambahkan bahwa vaksin akan dibagikan minggu depan atau minggu berikutnya.

Vaksin tersebut akan diberikan kepada tenaga medis dan lansia. Namun, tidak disebutkan vaksin apa yang akan digunakan oleh AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement