Bertemu Donald Trump, Luhut Sampaikan Terima Kasih dari Presiden Jokowi

Menko Marves RI Luhut Panjaitan dan Presiden Donald Trump di White House Washington DC, Selasa, (17/11/2020). - Istimewa
18 November 2020 12:27 WIB Nindya Aldila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berkunjung ke Amerika Serikat. Bahkan, ia berfoto dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat kunjungan ke Oval Office, Selasa (17/11/2020).

Dalam foto tersebut, Luhut tersenyum lebar, berdiri di samping Trump yang duduk di kursi kerjanya. Luhut mengungkapkan dirinya menyampaikan salam dan terima kasih dari Presiden Joko Widodo pada Trump. Dia juga mengungkapkan hasil Pemilihan Presiden AS 2020 tidak akan mengubah hubungan pertemanan dengan Trump.

Baca juga: Pengawas TPS di Sleman Diminta Buktikan Integritas

"Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti," ungkap Luhut dalam keterangan dari KBRI Washington DC, Rabu (18/11/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Donald Trump juga menyampaikan salam dan terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo atas kerja sama selama ini dan menyampaikan penilaian positif atas peningkatan hubungan ekonomi kedua negara selama ini. 

Baca juga: Pilot Gadungan Tipu Wartawan, Motor Jadi Sasaran

Seperti diberitakan sebelumnya, Indonesia mendapatkan perpanjangan fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) oleh US Trade Representative (USTR) di saat negara-negara banyak yang dibekukan fasilitasnya. 

Perpanjangan GSP diharapkan dapat meningkatkan nilai perdagangan kedua negara dan memacu ekspor RI ke AS. 

Dari Kanan ke Kiri : Penasihat Senior Gedung Putih Jared Kushner, Dubes RI untuk AS Muhammad Lutfi, Presiden AS Donald Trump, Menko Marinves RI Luhut Pandjaitan, Ivanka Trump Penasihat Senior Presiden Trump Ivanka Trump, dan CEO DFC Adam Bohler./Istimewa

Dalam rangkaian kunjungan ke Washington, Luhut juga menemui Wakil Presiden AS Mike Pence guna membicarakan kerja sama produksi vaksin. 

Menko Luhut menyambut positif berbagai pertemuan tersebut dan berharap kerja sama yang baik dengan Amerika Serikat bisa terus ditingkatkan pada kepemimpinan pemerintah AS yang akan datang. 

Sumber : Bisnis.com