Ribuan Penjemput Rizieq Padati Terminal 3 Bandara Soetta, Lalu Lintas Lumpuh Total

Massa dari berbagai daerah berjalan menuju Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020) menjelang tibanya Habib Rizieq Shihab. - ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
10 November 2020 09:37 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Ribuan penjemput Habib Rizieq Shihab berkumpul di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020). Mereka duduk dan berdiri di dalam terminal memadati teriminal 3 Bandara Soetta.

Kedatangan mereka adalah untuk menyambut Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut. Akibatnya, akses tol menuju Bandara Soekarno-Hatta macet.

Hal tersebut membuat massa penjemput harus berjalan kaki. Mereka membawa poster-poster dan bendera.

Tasman, salah satu penjemput Habib Rizieq menjelaskan berjalan kaki sepanjang tol sejak pukul 05.00 WIB. Dia datang dari daerah Jakarta Utara. Tasman berjalan kaki bersama massa lain.

"Berangkat dari pukul 05.00 WIB untuk jemput Habib Rizieq," kata dia.

Baca juga: Habib Rizieq Dikabarkan Sudah di Bandara, Bersama 3 Perempuan Bercadar Hitam

Sementara itu akun Twitter resmi TMC Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro melaporkan arus lalu lintas di Tol Prof. Dr. Sedyatmo mengalami kelumpuhan total.

Dari kamera CCTV, terpantau ribuan kendaraan tak dapat bergerak di dalam tol tersebut, tepatnya di KM 32+000.

Jumlah penjemput Habib Rizieq diperkirakan berjumlah ribuan orang. Mereka mengenakan pakaian serba putih.

Massa mengenakan masker, tapi ada juga yang tidak pakai masker. Pendukung bersholawat menunggu Habib Rizieq.

Ribuan simpatisan tersebut memilih untuk berlahan kaki atau long march lantaran sejumlah akses menuju Terminal 3 Bandara Internasional Bandara Soekarno Hatta ditutup.

Baca juga: Pendukung dari Solo, Jabar, Aceh Padati Kediaman Rizieq Shihab di Petamburan 3

Salah satu simpatisan Nur Solihin mengatakan hanya ada satu ruas jalan saja yang dapat mereka akses yakni jalan Raya Bandara Soekarno Hatta. Itu pun mereka dikomandoi untuk berjalan kaki.

"Karena semua akses ditutup kita nggak bisa lewat," ujarnya.

Sebenarnya jalan tersebut dapat mereka akses dengan mengendarai sepeda motor ataupun mobil. Namun karena jumlah mereka terlalu banyak parkiran di sekitar Bandara diperkiraan tidak akan dapat menampungnya.

"Ini (jalan Raya Bandara Soekarno Hatta) sebenarnya kita bisa pakai kendaraan tapi kita banyak gak mungkin bisa nampuk parkirannya makannya kita pilih jalan," ujar simpatisan yang berasal dari Jakarta Utara tersebut.

Mereka berjalan sambil bersholawat.

"laillahaillah muhammad darasulullah," sebut para simpatisan.

"Habib Riziq berjuang bukan pecundang, Habib Riziq berjuang bukan pecundang," tambah lantun simpatisan.

Habib Rizieq Shihab mengumumkan diri akan pulang ke Tanah Air setelah 3,6 tahun berada di Arab Saudi, yakni sejak 2017 lalu. Rizieq Shihab dijadwalkan tiba di Indonesia tanggal 10 November 2020 atau Selasa hari ini.

Rizieq Shihab rencananya tiba di Indonesia pukul 09.00 WIB melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ia mengatakan, akhirnya bisa pulang ke Indonesia setelah mendapatkan perpanjangan visa.

Sumber : Suara.com