Update Hasil Pilpres AS: Raih 129 Electoral Votes, Joe Biden Ungguli Trump

Joe Biden dan Donald Trump bersaing keras meraup suara terbanyak di Pilpres AS 2020. - Ist/ Bisnis.com
04 November 2020 10:07 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, NEW YORK- Pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat tengah berlangsung pada Selasa (3/11/2020), dan kini sejumlah negara bagian telah memulai proses perhitungan cepat.

Berdasarkan pantauan Foxnews hingga pukul 09.46 WIB, Joe Biden meraih electoral vote sebanyak 129 suara, sedangkan Donald Trump meraih 100 suara.

Berdasarkan popular vote atau jumlah suara pemilih, Trump meraih 50,3 persen sedangkan Joe Biden 48,3 persen.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Utang untuk Selamatkan Nyawa Seluruh Masyarakat Indonesia

Untuk diketahui, proses Pilpres di AS berbeda dengan Pilpres di negara lain, khususnya Indonesia. Di AS, para pemilih sebenarnya tidak langsung memilih presiden, namun mereka menentukan partai mana di negara bagian mereka yang dipilih untuk mengirimkan wakil sebagai Elecotral College.

Untuk memastikan kemenangan Pilpres AS, Donald Trump atau Joe Biden harus meraih minimal 270 Electoral College, atau suara elektoral, dari 538 yang diperebutkan di 50 negara bagian.

Setiap negara bagian diberi jumlah suara elektoral yang berbeda, berdasarkan berapa banyak perwakilan yang dimilikinya di DPR, ditambah dua senatornya. California, misalnya, memiliki suara elektoral terbanyak dengan 55. Kemudian Texas dengan 38 suara elektoral.

Kandidat yang memenangkan New York atau Florida dapat mengantongi 29 suara elektorat untuk melengkapi 270. Illinois dan Pennsylvania masing-masing memiliki 20 suara elektorat. Daftar 10 besar negara bagian dengan suara elektorat terbanyak berturut-turut berikutnya adalah Ohio dengan 18, Georgia dan Michigan dengan 16, dan Carolina Utara dengan 15.

Sumber : Bisnis.com