Bos WHO Karantina Mandiri, Ini Kondisinya

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memberi info perkembangan situasi wabah Covi-19 di Jenewa, Swiss (24/2/2020). - Antara/Reuters
02 November 2020 09:47 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus melakukan karantina mandiri usai kontak dengan seseorang yang dites positif mengidap virus corona baru.

“Saya telah diidentifikasi melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif  Covid-19. Saya baik-baik saja dan tanpa gejala tetapi akan melakukan karantina sendiri dalam beberapa hari mendatang, sejalan dengan protokol @WHO, dan bekerja dari rumah, ”katanya di Twitter seperti dilansir dari Anadolu Agency.

“Sangat penting bagi kita semua untuk mematuhi panduan kesehatan. Beginilah cara kami memutus rantai penularan Covid-19, menekan virus, dan melindungi sistem kesehatan," tambahnya.

Dia juga mengatakan meski menjalani karantina, dirinya dan kolega di WHO akan terus terlibat dengan mitra dalam solidaritas untuk menyelamatkan nyawa dan melindungi yang rentan.

Hingga saat ini, Covid-19 telah merenggut lebih dari 1,19 juta nyawa di 189 negara dan wilayah sejak pertama kali terdeteksi di Wuhan, China pada Desember tahun lalu.

AS, India, dan Brasil saat ini adalah negara yang paling parah terkena dampaknya.

Lebih dari 46 juta kasus telah dilaporkan di seluruh dunia, dengan angka kesembuhan melebihi 31 juta, menurut angka yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins yang berbasis di AS.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia