Viral Kabar Indonesia Mencari Alien, Ini Penjelasan Lapan

Tata Surya - Reuters
28 Oktober 2020 20:27 WIB Ika Fatma Ramadhansari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Rencana Lembaga Penerbangan dan Antariksa Negara (Lapan) mencari alien viral di medsos pada Selasa (27/10/2020).

Beragam respons netizen pun bermunculan. Salah satunya dari akun Twalen Tarskovsky.

"Indonesia cukup tertinggal ya soal ini, India yang GDP lebih rendah saja sudah duluan. Harusnya netizen bangga dong kalo lembaga antariksa kita mulai kerja di bagian 'antariksa yang sebenarnya'. Tapi yang saya lihat disini kebanyakan komen 'konten halu, gajelas, rakyat daerah'," ujar dia.

Saat dikonfirmasi JIBI pada Rabu (28/10/2020), Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengungkapkan "pencarian makhluk ruang angkasa" adalah gaya bahasa media.

"Bahasa teknisnya adalah pencarian planet-planet di luar tata surya (exoplanet) yang layak bagi kehidupan. Pencarian exoplanet hanya salah satu program yang direncanakan," kata Thomas.

Munculnya berita ini terkait dengan pembangunan Observatorium Nasional di Gunung Timau, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Tujuan utama dari pembangunan observatorium ini adalah sebagai pusat observasi astronomi dan pemberdayaan kawasan timur Indonesia.

Observasi astronomi ini mencakup objek-objek tata surya seperti planet, komet, asteroid, fisika bintang dan galaksi, struktur besar alam semesta, hingga sampai pada planet-planet di luar tata surya yang dikenal dengan sebutan exoplanet.

Pembangunan observatorium ini rencananya akan selesai pada 2021 dengan fasilitas utama yaitu teleskop berdiameter 3,8 m. Teleskop ini nantinya merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia