Advertisement

Sandiaga Uno Tak Bisa Masuk Bursa Caketum PPP, Ini Alasannya

Oktaviano DB Hana
Senin, 26 Oktober 2020 - 23:57 WIB
Bhekti Suryani
Sandiaga Uno Tak Bisa Masuk Bursa Caketum PPP, Ini Alasannya Ilustrasi logo PPP/ANTARA/HO - 20

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sandiaga Uno dipastikan belum memenuhi syarat untuk masuk dalam bursa calon ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Hal itu dikatakan Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP Achmad Baidowi kepada Bisnis- jaringan Harianjogja.com, Senin (26/10/2020). Menurutnya, ketentuan yang termuat dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) yang menyebabkan hal itu.

Advertisement

"Saya kira teman-teman pengurus DPC [Dewan Pengurus Cabang] dan DPW [Dewan Pengurus Wilayah] sadar betul bahwa di AD/ART itu ada ketentuannya, syarat menjadi Ketua PPP itu minimal satu periode di pengurus DPP atau pengurus DPW," kata Achmad.

Dia menilai pendapat yang berkembang terkait Sandiaga Uno sebagai sosok ideal untuk ketum merupakan hal yang lumrah. Namun, dia menekankan pemilihan ketua umum parta mesti didasarkan pada aturan main yang berlaku.

"Kan kita lihat aturan main, [pencalonan Sandiaga Uno] terbentur ketentuan internal PPP dan [syarat] itu sudah tertuang di AD/ART.

Dia mengatakan bahwa kabar terkait pencalonan Sandiaga Uno itu berkembang di kalangan pengurus DPC dan DPW. Namun, informasi itu, jelasnya, hanya wacana ringan yang sifatnya informal. "Jadi, hanya desas-desus, wacana ringan saja. Nonformal, informal, tidak serius," jelasnya.

Achmad yang juga merupakan Anggota Komisi VI DPR mengatakan bukan hanya Sandiaga Uno, sejumlah nama lain juga ramai diwacanakan menjadi calon ketum PPP. Namun, dia menegaskan kembali bahwa desas-desus hanya wacana ringan di kalangan kader PPP. 

Sebelumnya, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa mengajukan diri sebagai pimpinan definitif partai tersebut.

Adapun, saat ini Suharso diketahui masih menjabat sebagai pelaksana tugas Ketum PPP. Dalam rapat dengan DPW PPP Jawa Barat pada Jumat (23/10/2020) di Sentul, Bogor, dia mendeklarasikan diri untuk maju menjadi ketua umum definitif PPP pada Muktamar IX. 

“Kemarin di Bogor, di depan para kader PPP se-Jabar, saya mendeklarasikan maju bertarung dalam Muktamar IX untuk menang menjadi Ketua Umum,” kata Suharso, Sabtu (24/10/2020). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement