Di Area Publik, Masker Harus Digunakan Sepanjang Waktu

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
10 Oktober 2020 12:07 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan angka penggunaan masker mulai meningkat pada masa pandemi Covid-19 ini. Namun, kasus penularan Covid-19 masih tinggi.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo bahwa masih tinggi kasus Covid-19 di Indonesia disebabkan karena masih banyak orang yang menggunakan masker dengan cara yang salah.

Dia menuturkan bahwa masker harus digunakan dengan benar salah satunya masker digunakan sepanjang waktu selama berada di area publik.

"Termasuk juga di rumah, jika ada anggota keluarga yang sering beraktivitas di luar rumah, saat kembali ke rumah maka keluarga yang di rumah harus tetap memakai masker," kata Doni dalam konferensi pers, Jumat (9/10/2020).

Data Satgas menunjukkan bahwa tujuh persen pasien Covid-19 di Wisma Atlet yang diwawancarai mengaku jarang keluar rumah tetapi tetap terpapar virus.

Walhasil, bisa disimpulkan bahwa mereka tertular oleh anggota keluarga di rumah yang banyak beraktivitas di luar rumah.

Kemudian, 90 persen responden pasien Wisma Atlet mengaku rajin menggunakan masker.

"Setelah didalami, rata-rata mereka terpapar saat melakukan kegiatan makan. Pada saat makan tentu tidak bisa memakai masker," kata Doni.

Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk membagi waktu makan antaranggota keluarga alias bergantian. Selain itu, penjagaan jarak juga harus dilakukan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia