Advertisement

Saleh Husin: Masjid Al-Ikwan di Selatan Indonesia yang Modern Minimalis

Media Digital
Selasa, 06 Oktober 2020 - 17:27 WIB
Maya Herawati
Saleh Husin: Masjid Al-Ikwan di Selatan Indonesia yang Modern Minimalis Saleh Husin dalam peletakan batu pertama renovasi Masjid Al-Ikwan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, ROTE—Masjid Al Ikwan berdiri sejak tahun 80-an, bantuan dari Menhankam Pangab Jenderal TNI M Yusuf yang pada saat itu berkunjung ke Pulau Rote Nusa Tenggara Timur. Namun ketika itu semua serba terbatas sehingga masjid pun dibangun dengan seadanya.

Seiring waktu dengan berkembangnya teknologi, akhirnya baru diketahui kalau masjid tersebut arah kiblatnya miring dan salah.

Advertisement

“Nah berangkat dari situ akhirnya saya sebagai putra daerah merasa terpanggil karena bagaimana pun saya sering salat di situ kalau lagi pulang kampung,” kata Saleh Husin di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Saleh yang pernah menjabat Menteri Perindustrian periode  2014-2016 itu kemudian coba lakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk mencari bantuan CSR  dan akhirnya mendapat tanggapan dari Halim Mina, salah satu pemilik Kawasan Industri Morowali, yang kebetulan telah dan sedang membangun beberapa masjid di kawasan tersebut.

"Saya ceritakan tentang kondisi masjid yang sudah tua dan dibangun dengan arah kiblat yang salah. Masjid ini terletak di pulau paling selatan Indonesia yang terpencil," ujar Saleh Husin, Koordinator Tim Ahli Wakil Presiden.

Dengan gerak cepat dan bantuan dari Lens Haning dan Bupati Rote Ndao NTT segala izin administrasi dibereskan,

Dalam waktu sebelas bulan dengan mendatangkan tukang dari Jawa, akhirnya Masjid Al Ikwan diratakan dan dibangun kembali dengan model yang terkini dan modern minimalis. Proses pembangunannya terus dikontrol setiap saat walau dari Jakarta.

"Bersyukur karena kali ini saya dapat menambah amal baik saya dengan membangun masjid di kampungnya Pak Saleh,” ujar Halim Mina.

"Merupakan suatu kebanggaan tersendiri buat saya yang memang sejak kecil punya niat suatu saat dapat membangun masjid yang layak di kampung halaman dan alhamdulillah hari ini, Kamis, 1 Oktober 2020, terwujud sudah," ujar Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia Saleh Husin.

“Sekali lagi terima kasih buat Pak Halim Mina melalui Yayasan Bintang Delapan yang telah berpaling untuk melihat pulau terselatan Indonesia dan juga terima kasih buat Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Nasaruddin Umar yang telah berkenan memberikan tausyiah dan doa dalam rangka mulai digunakannya masjid tersebut setelah selesai pembangunannya.” (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement