Advertisement

Pesawat Garuda Saja Bermasker, Masa Kalian Tidak?

Anton Wahyu Prihartono
Jum'at, 02 Oktober 2020 - 14:27 WIB
Budi Cahyana
Pesawat Garuda Saja Bermasker, Masa Kalian Tidak? Moncong pesawat Garuda Indonesia yang diberi ilustrasi masker. - Instagram @syahrir23

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, ada sesuatu yang unik dilakukan oleh PT Garuda Indonesia. Maskapai milik pemerintah tersebut memasang “masker” di moncong sejumlah pesawatnya. Pada bodi pesawat juga terdapat tulisan “ayo pakai masker” berukuran besar.  Langkah ini sekaligus mendukung program pemerintah dalam melawan Covid-19 yakni menggunakan masker.

Salah satu pesawat yang “bermasker” tersebut adalah Airbus A330-900 neo. Pesawat terbaru tersebut akan “kampanye bermasker” ke sejumlah rute domestik antara lain Jakarta-Medan, Jakarta-Batam, Bali-Jakarta, Balikpapan-Jakarta dan lainnya. Tidak hanya rute domestik, "pesawat bermasker" akan mengudara ke negara lain yakni Jepang dan Singapura. 

Advertisement

“Kami ingin mendukung program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dengan selalu mengenakan masker. Kalau pesawat saja mau bermasker, kenapa masyarakat masih ada yang enggan. Kami juga ingin tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sangat serius dalam menanggulangi Covid-19 karena pesawat tersebut juga akan melayani rute Singapura dan Japang,” ujar Direktur Teknik PT Garuda Indonesia Rahmat Hanafi kepada Harian Jogja, Jumat (2/10/2020) melalui telepon.

BACA JUGA: Tanpa PSBB, Penanganan Covid-19 Disebut Inovatif & Dipuji

Menurut Hanafi, setidaknya akan ada empat pesawat yang akan diberi “masker.” Pengerjaannya melibatkan 60 orang. Mendesain satu pesawat “bermasker” cukup butuh waktu 120 jam. Pengerjaannya dilakukan oleh GMF AeorAsia, anak perusahaan PT Garuda Indonesia.

“Butuh wakti sekitar 120 jam. Ini beda dengan kami yang tidak memerlukan usaha [waktu] sebanyak itu untuk bisa menggunakan masker. Makanya, sudah saatnya semuanya disiplin mengenakan masker. Masker tidak hanya melindungi kita, tetapi juga melindungi orang lain dari serangan Covid-19,” ujar Hanafi.

Hanafi mengharapkan masyarakat untuk menjadi bagian dari pergerakan memakai masker. Dengan berkomitmen untuk selalu menggunakan masker ke mana pun kita pergi untuk Indonesia yang sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 27 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement