Menteri KKP Edhy Prabowo Terinfeksi Covid-19 Usai Kunker

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
09 September 2020 19:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Terkait hal tersebut, aktivitas di kantor KKP yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat tampak lengang, Rabu (9/9/2020).

Pantauan Suara.com pintu gerbang kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP itu tampak tertutup. Cuma pintu kecil di samping pos jaga yang di buka.

Aktivitas orang-orang yang ada di gedung tersebut terpantau sepi. Kendaraan yang biasanya lalu lalang di kantor itu hanya sesekali terlihat.

Baca juga: Hasil Tes PCR Negatif, UPNVY Tetap Berlakukan Isolasi Mandiri

Dikutip dari Suara.com, jaringan Harianjogja.com, wartawan yang hendak masuk komplek kantor KKP tidak diperkenankan masuk oleh satpam yang berjaga. Menurut satpam itu, hanya pegawai dan pihak yang punya urusan saja yang boleh memasuki kantor tersebut.

Kabar Edhy positif corona pertama kali disampaikan oleh politisi muda Partai Gerindra, Kawendra Lukistian. Dia mengatakan kabar Edhy terinfeksi Corona diperoleh dari rekannya di Kementerian tersebut.

"Iya positif [Covid-19]," kata Kawendra kepada Suara.com, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Update Corona DIY: 50 Positif, 52 Sembuh, 1 Meninggal

Dia menuturkan, Edhy terpapar setelah pulang dari luar kota. Apabila dicek melalui situs resmi KKP, Edhy sempat mengunjungi Pulau Maratua, Kalimantan Timur pada awal September lalu.

"Kata teman-teman di KKP kenanya sepulang kunjungan dari tugas luar kota kemarin," tuturnya.

Di pulau tersebut Edhy menemui pelaku usaha pariwisata untuk bersosialiasi pemanfaatan sektor perikanan yang berdampak pada perekonomian masyarakat setempat.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan saat dikonfirmasi pada Selasa (8/9/2020) mengakui menerima kabar jika Edhy Prabowo terpapar sejak Kamis (3/9/2020) pekan lalu.

"Iya [Edhy positif Covid-19]. Saya mendapat kabar dari staf KKP," ujar Daniel kepada Suara.com.

Daniel memastikan, dari informasi yang ia terima lebih jauh, kondisi Edhy sejauh ini dalam keadaan sehat.

Dia bahkan mengaku sempat menghubungi Edhy meski tidak secara tegas menanyakan tentang dirinya positif.

"Saya langsung WA [Whatsapp] Bang Edhy, tapi tidak secara langsung menanyakan hal itu, hanya mendoakan agar selalu sehat dan lancar," kata Daniel.

"Dijawab amin terima kasih pak ketua," ujar Daniel mengulang jawaban Edhy.

Sumber : Suara.com