Pakar Penyakit Menular Jelaskan Risiko Penularan Covid-19 di Bioskop

Gedung Bioskop
02 September 2020 08:17 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI mewacanakan akan membuka bioskop, di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Ibu Kota Negara tersebut. Namun, Chief Quality Officer and Chief of Infectious Diseases at the University of Maryland Faheem Younus mengimbau orang Indonesia jangan dulu nonton ke bioskop saat ini.

Menurutnya, risiko penularan covid-19 di bioskop sangatlah tinggi. Beberapa aspek tingginya penularan tersebut karena pertama gedung bioskop berada dalam ruang tertutup. Seperti diketahui, virus corona bisa menyebar di udara terutama di ruang tertutup.

Baca juga: Pemkot Jogja Akui Corona Banyak Menular di Tempat Kerja & Lingkungan Keluarga

Kedua, social distancing sulit diterapkan di dalam bioskop. Meskipun diterapkan jarak, namun akan ada risiko orang melanggarnya.

Ketiga, ventilasi di dalam bioskop snagat buruk. Karena diketahui gedung bioskop adalah ruang tertutup dan kedap suara sehingga tidak ada ventilasi sama sekali. 

Baca juga: Tak Sengaja Telan Ular Saat Ketiduran, Seorang Perempuan Dilarikan ke Rumah Sakit

Ketiga, karena risikp penularan sangat tinggi, dimana jangka waktu menonton bisa hingga 3 jam sehingga potensi penularan tinggi.

"Satu saja pasien covid-19 meski dia tidak bergejala, bisa menularkan pada lusinan orang," demikian menurutnya dikutip dari akun twitternya.

Sebelumnya, Pemprov DKI berencana membuka kembali bioskop di Jakarta. Rencana itu saat ini masih dikaji dan belum diketahui pasti kapan akan direalisasikan.

Sumber : Bisnis.com