Advertisement

Guru Swasta Diusulkan Dapat BLT Seperti Karyawan Swasta

MG Noviarizal Fernandez
Sabtu, 15 Agustus 2020 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
Guru Swasta Diusulkan Dapat BLT Seperti Karyawan Swasta Ilustrasi/Warga menerima Bantuan Langsung Tunai Antara/Yusuf Nugrohon

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat banyak sektor kehidupan menjadi sulit. Pemerintah diminta memperhatikan guru swasta agar bisa mendapatkan bantuan langsung tunai.

Illiza Sa’aduddin Djamal, Anggota Komisi X DPR mengatakan bahwa rencana Pemerintah yang akan memberi subsidi Rp600.000 perbulan kepada karyawan swasta yang bergaji di bawah Rp5 juta merupakan kebijakan yang baik.

Advertisement

Baca juga: Pendaftaran Prakerja Gelombang 5 Resmi Dibuka, Berikut Panduannya

“Namun sayang guru swasta luput dari sasaran kebijakan tersebut. Padahal seharusnya guru swastalah yang harus menjadi sasaran utama dari kebijakan ini mengingat sebagian besar guru swasta mempunyai gaji jauh di bawah Rp5 juta,” ujar mantan Walikota Banda Aceh itu, Sabtu (15/8/2020).

Bahkan, tuturnya, menurut banyak laporan, termasuk dari Pengurus Besar Guru Inpassing Nasional (PB PGIN), tidak sedikit guru swasta yang hanya memiliki honor Rp300.000 perbulan dan mereka tidak termasuk dalam kategori pekerja yang akan disubsidi Pemerintah. Lantaran hal itu, dia meminta Pemerintah memasukkan guru swasta pada kategori penerima subsidi sebagaimana yang diberikan kepada pekerja dan karyawan swasta.

Baca juga: Terganggu SMS Promosi, Seorang Pelanggan Gugat Indosat

“Saya yakin pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama mempunyai data lengkap tentang honor guru yang sangat kecil tersebut,” ucapnya.

Dengan data itu, lanjutnya, bisa memudahkan Pemerintah untuk menyalurkan subsidi yang diberikan selama Pademi Covid-19 dan bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, guru seharusnya selalu menjadi perhatian utama dalam setiap kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat, karena terbukti banyak guru masih hidup dengan gaji seadanya. Padahal peran guru sangat besar untuk kemajuan Indonesia.

“Karena itu, kami mengharapkan pada momen kemerdekaan RI ke-75 ini, Indonesia bisa meningkatkan kesejahteraan guru untuk peningkatan SDM Indonesia yang lebih unggul,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu 24 April 2024: PPDB Kelas Olahraga hingga Hasil Arsenal vs Chelsea Skor 5-0

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement