Kapal Pesiar Ikut Tenggelam dalam Ledakan Beirut, Pemilik Tuntut Ganti Rugi

Kapal pesiar Orient Queen terbalik terkena ledakan besar di Pelabuhan Beirut. Tiga hari berselang kapal mewah tersebut tenggelam - Euronews via INews.id
09 Agustus 2020 11:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, LIBANON - Kapal pesiar Orient Queen ikut tenggelam akibat ledakan yang terjadi di Pelabuhan Beirut, Libanon. Dua kru kapal juga meninggal dunia akibat ledakan hebat itu. Pemilik kapal pun mengajukan gugatan pada otoritas yang bertanggung jawab.

Pelabuhan Beirut luluh lantak setelah 2.750 ton amonium nitrat yang berada di gudang terbakar dan meledak hebat pada Selasa (4/8/2020) lalu. Insiden tersebut juga merusak bangunan dan kendaraan dalam radius 5 kilometer.

Dalam foto satelit beberapa jam setelah ledakan memperlihatkan kehancuran masif di kawasan pelabuhan, bahkan lokasi gudang amonium nitrat sampai terbentuk kawah cukup besar. Terlihat juga kapal pesiar Orient Queen yang terbalik terkena ledakan. Tiga hari berselang, kapal mewah itu tenggelam.

Salah satu propertinya turut jadi korban insiden tersebut, Merhi Abou Merhi secara resmi mengajukan gugatan ganti rugi kepada otoritas terkait. Kapal mewah yang bisa menampung 300 penumpang itu tengah bersandar di pelabuhan asalnya.

"Pengusaha Merhi Abou Merhi, pemilik kapal pesiar Orient Queen telah mengajukan gugatan terhadap semua yang bertanggung jawab atas ledakan dahsyat ini," demikian yang dilaporkan media lokal Lebanon, National News Agency (NNA) dikutip dari Euronews, Minggu (9/8/2020) kemarin.

Menurut NNA, gugatan itu merupakan yang pertama dari jenisnya dan dapat membuka jalan bagi tindakan hukum serupa dalam beberapa hari dan minggu mendatang.

Jumlah korban tewas ledakan besar di Beirut mencapai 150 orang, 60 orang dinyatakan masih hilang, serta lebih dari 5.000 orang mengalami luka-luka.

Insiden tersebut memicu gelombang unjuk rasa besar di pusat kota Beirut. Demonstran menyuarakan kekecewaan dan kemarahan mereka atas kinerja pemerintah yang dianggap gagal dan korup.

Berit ini sudah tayang di INews,id dengan judul "Pemilik Kapal Pesiar yang Tenggelam Akibat Ledakan Beirut Tuntut Ganti Rugi".

Sumber : INews.id