Tragis, Pasien Covid-19 Bunuh Diri di Rumah Sakit Surabaya karena Depresi

Ilustrasi - Pixabay
30 Juli 2020 15:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SURABAYA—Seorang pasien Covid-19 di kawasan Semampir Kota Surabaya, Jawa Timur, berinisial MS bunuh diri di usia 43 tahun dengan meloncat dari lantai 6 RSU Haji Surabaya, Kamis (30/7/2020). Pasien itu diduga depresi.

Kasubag Humas RSU Haji Sukolilo Djati Setyo Putro mengatakan insiden tragis itu berawal saat pasien ditempatkan di ruang isolasi lantai 6 gedung Al Aqso RSU Haji setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (39/7/2020) malam.

"Selama perawatan, kami sudah melakukan SOP yang ada. Pasien saat di ruangan juga selalu dipantau," katanya.

BACA JUGA: Covid-19 Terus Naik, Tanggap Darurat DIY Diperpanjang Lagi Sampai 31 Agustus

Djati mengatakan pasien tersebut baru satu hari menjalani perawatan di RSU Haji. "Pagi masuk, malam diisolasi, dan paginya meninggal," ujarnya.

Pada Rabu malam, kata dia, pasien terkadang melepas maskernya dengan alasan tidak bisa bernapas. Namun, perawat selalu mengingatkan agar pasien memakai maskernya. Saat itu, ada lima perawat yang berjaga.

Kamis pagi, dua perawat meninggalkan ruangan isolasi karena menjalankan Salat Subuh bergantian.

Bakda Subuh, pasien tidak ada di ruang isolasi. Pada pukul 05.23 WIB, pasien diketahui sudah tergeletak di lantai bawah. "Dia bunuh diri, pasien loncat melalui jendela. Kemungkinan pasien depresi akibat terkena Corona," ujarnya.

Jenazah pasien langsung dibawa oleh kepolisian ke kamar mayat untuk diotopsi di RSUD Soetomo.

Sumber : Antara