Advertisement

Kabar Duka: Sastrawan & Budayawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Newswire
Kamis, 30 Juli 2020 - 03:17 WIB
Sunartono
Kabar Duka: Sastrawan & Budayawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia Satrawan Ajip Rosidi - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG – Sastrawan dan budayawan asal Jawa Barat, Ajip Rosidi, berpulang ke rahmatullah pada Rabu (29/7/2020) dalam usia 82 tahun. Ia meninggal dunia sekitar pukul 22.30 WIB dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

"Betul [meninggal dunia]. Ini saya sedang 'ke sana ke mari' [sibuk mengurus banyak hal]," kata salah satu putra Ajip, Nundang Rundagi, melalui sambungan telepon di Magelang.

Advertisement

Ajip menjalani perawatan dan operasi di RSUD Tidar, karena sakit sejak selama sepekan terakhir setelah terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

BACA JUGA : Kabar Duka, Pujangga Sapardi Djoko Damono Meninggal 

Nundang belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait dengan rencana pemakaman karena masih sibuk mengurus jenazah ayahnya.

Dalam keterangan Nundang sebelumnya, Ajip harus menjalani operasi karena perdarahan di otak akibat terjatuh tersebut. Ajip, yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda.

Almarhum menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Dia meraih gelar doktor kehormatan bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011. Indonesia kehilangan dua sastrawan dan budayawan papan atas hanya dalam rentang 10 hari. Pada 19 Juli lalu, sastrawan Sapardi Djoko Darmono meninggal dunia dalam usia 80 tahun.

BACA JUGA : Sapardi Djoko Damono Meninggal Dunia, Seperti Ini 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 27 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement