Sosialisasi Tata Kelola Brand Kopi dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif

Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta mengadakan sosialisasi yang dihadiri para pelaku UMKM kopi lokal di Wonogiri, Selasa (29/7/2020). - Istimewa
29 Juli 2020 07:57 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, WONOGIRI—Pada Selasa (21/7) Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta mengadakan sosialisasi yang dihadiri para pelaku UMKM kopi lokal di Wonogiri. Bertempat di Depot Puas Jl. Bima III No. 5, Wonokarto, Wonogiri sosialisasi ini mendiskusikan pentingnya kesadaran akan branding/merk bagi UMKM dan juga pendampingan pembuatan branding melalui media sosial sebagai identitas UMKM.

Acara dibuka dengan penyampaian materi mengenai “Sosialisasi Kekayaan Intelektual Merek Dagang” yang disampaikan oleh Ir. Ari Wijayani, M.P. Dalam sesi ini dijelaskan tentang pentingnya perlindungan hukum mengenai Hak Kekayaan Intelektual mengenai Merek Dagang, Hak Cipta, dan Desain Industri. Dikhawatirkan bila para pelaku UMKM kopi lokal di Wonogiri tidak menyadari hal tersebut maka produknya dapat plagiasi oleh orang lain atau dituntut secara hukum karena ada produk yang memiliki merek dagang yang sama.

Tidak hanya itu, para pelaku UMKM kopi lokal ini juga mendapatkan materi tentang “Fasilitasi Kekayaan Intelektual Merek Dagang” yang dibawakan oleh Ninik Probosari, SE, M.Si. Merk dagang menjadi sangat penting ketika sebuah usaha mulai berjalan dan berkembang, untuk menghindari hal yang tak diharapkan seperti klaim merk dari pihak lain maka pendaftaran merk dagang sedini mungkin sangat diperlukan. Dalam program pengabdian masyarakat ini terdapat bantuan berupa pendaftaran merk dagang untuk 5 UMKM kopi lokal Wonogiri yang aktif melakukan pendekatan ke petani untuk peningkatan kualitas kopi prosesan.

Selanjutnya, materi dilanjutkan dengan membahas mengenai Branding Kopi melalui media sosial Instragram oleh Kartika Ayu Ardhanariswari, S.Sn, M.Ds. Para peserta mendapatkan materi mengenai pentingnya Strategi branding agar dapat membangun image dan identitas produk yang dihasilkan UMKM mampu mempengaruhi konsumen agar memiliki presepsi yang positif terhadap produk, karakter, kemampuan, penampilan, maupun penawaran yang di promosikan.

Para pelaku UMKM kopi lokal Wonogiri berharap, adanya perhatian dari banyak pihak ini semakin memacu pertumbuhan usaha UMKM di Wonogiri khususnya bidang produksi kopi lokal sehingga berimbas juga terhadap semangat petani kopi di Wonogiri dalam menghasilkan kopi yang berkualitas dan berkuantitas.