Advertisement

Menteri PUPR: Pulihkan Ekonomi Akibat Covid-19 dengan APBN

Newswire
Sabtu, 27 Juni 2020 - 15:17 WIB
Sunartono
Menteri PUPR: Pulihkan Ekonomi Akibat Covid-19 dengan APBN Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. - Ist/ dok KemenPUPR

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan instrumen paling penting dalam rangka memulihkan kondisi perekonomian bangsa di tengah pandemi Covid-19.

"Satu-satunya instrumen yang bisa dipakai untuk pemulihan ekonomi yaitu APBN," kata Basuki Hadimuljono dalam acara webinar di Jakarta, Sabtu (27/6/2020).

Advertisement

BACA JUGA : Produk UKM Kota Jogja Akan Dipromosikan demi Pemulihan

Menurut Basuki, saat ini untuk meningkatkan agar pertumbuhan ekonomi tidak lagi minus adalah melalui APBN, apalagi Menteri Keuangan juga telah menyatakan bahwa sejumlah kondisi seperti tingkat ekspor, impor, dan investasi sudah minus.

Menteri PUPR mengungkapkan, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan bahwa kondisi saat ini harus sharing the burden, yaitu semua kementerian/lembaga harus bisa merasakan kesulitan ini bersama-sama.

BACA JUGA : Pemerintah Pusat Siapkan Pemulihan Ekonomi

Basuki bersama-sama dengan jajaran eselon I dari Kementerian PUPR juga sudah bertekad bahwa mereka akan membantu mengurangi beban negara dengan merelakan pemotongan alokasi anggaran kementerian.

Di sektor infrastruktur, lanjutnya, ada sejumlah tantangan yang dihadapi antara lain disparitas atau kesenjangan antar wilayah, daya saing nasional, laju urbanisasi, pemulihan ekonomi nasional, serta ketahanan pangan seperti dengan mengembangkan lumbung pangan di sejumlah daerah luar Jawa.

Sedangkan untuk program prioritas 2020-2021 dari Kementerian PUPR adalah penataan kawasan strategis pariwisata, percepatan pembangunan jalan tol, padat karya tunai, pengembangan kawasan food estate, pengembangan SDM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement