Advertisement

Heboh Uang Koin Rp1.000 Dijual Rp100 Juta! Ini Peringatan Bank Indonesia

Newswire
Minggu, 21 Juni 2020 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Heboh Uang Koin Rp1.000 Dijual Rp100 Juta! Ini Peringatan Bank Indonesia Uang Koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit-Dok - Tokopedia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Bank Indonesia memperingatkan masyarakat untuk berhati-hati soal penjualan uang koin bergambar kelapa sawit.

Uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit degan tahun emisi 1993 sempat bikin heboh dunia maya. Pasalnya, ada masyarakat yang menjual uang tersebut dengan harga Rp100 juta melalui belanja online.

Advertisement

Padahal, uang tersebut masih beredar di masyarakat. Bahkan, Bank Indonesia masih mengakui uang tersebut untuk digunakan sebagai alat transaksi.

Oleh sebab itu, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko mengimbau agar masyarakat berhati-hati jika melakukan transaksi jual beli tersebut. Apalagi, jika diperuntukan koleksi karena unik.

“Kita hanya mengingatkan kepada masyarakat, uang itu masih beredar. Kedua, hati-hati dengan penawaran. Jadi orang kasih harga macam-macam, saya juga ga tau kenapa,” kata Onny kepada Okezone-jaringan Harianjogja.com, Minggu (21/6/2020).

BACA JUGA: Dikejar Korban, Aksi Jambret di Sleman Gagal Setelah Pelaku Terjebak di Jalan Buntu

Apabila uangnya sudah ditarik dan harganya selangit, kata dia, itu bisa jadi membuat harganya mahal. Namun, kini keadaannya uang itu belum ditarik dari peredaran, sehingga agak berlebihan jika dihargai mencapai ratusan juta rupiah.

“Jadi tetap hati-hati dengan penawaran yang berlebihan. Kalau orang suka, ya silakan, tergantung dari kesepaktan. Sebenarnya belum tergolong uang kuno juga,” ujarnya.

Ia menjelaskan, meski kini harga penjualan uang koin itu mencapai ratusan juta rupiah, namun jika nilainya dalam sebuah transaksi tetap Rp 1.000.

“Jadi kalau digunakan untuk transaksi itu tetap Rp 1.000,” kata dia.

Sebelumnya, uang koin Rp1.000 yang bergambar kelapa sawit sedang menjadi perbincangan warganet. Hal itu karena di salah satu situs belanja online dengan nama toko Nafisha04_shop, penjual mengaku menjual uang tersebut seharga Rp100 juta.

"Uang koin/logam 1000 gambar kelapa sawit, original koleksi pribadi mengumpulkankan rentan kurun waktu sekitar 10 tahu. jangan melihat harganya , harga seratus juta per keping sebanding dengan historinya cuy," kata penjual di kolom deskripsi.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Uang Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Dijual Rp100 Juta, BI Minta Masyarakat Hati-Hati"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement