Advertisement

DPR Menilai TKA China Berpotensi Sebarkan Covid-19 di Indonesia

John Andhi Oktaveri
Kamis, 18 Juni 2020 - 21:27 WIB
Sunartono
DPR Menilai TKA China Berpotensi Sebarkan Covid-19 di Indonesia Ilustrasi-Tenaga kerja asal China yang dipekerjakan di Kawasan Industri Morowali. - Bisnis/David Eka Issetiabudi.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengingatkan bahaya menerima para tenaga kerja asing (TKA) asal China terkait penyebaran virus Covid-19.

“Saya tetap menolak masuknya TKA asal China ke Indonesia di masa pandemi ini. Pasalnya, penyebaran Covid-19 masih saja meningkat,” ujar Saleh, Kamis (18/6/2020).

Advertisement

Saleh menambahkan bahwa jumlah sekitar 500 TKA dari China sangat rentan membawa virus Covid-19 ke dalam negeri.

Saleh juga mempertanyakan keahlian para TKA China. Selama keahlian tenaga lokal masih ada sebaiknya tak perlu mendatangkan TKA China, ujar Saleh.

“Bila hanya pekerjaan biasa mestinya dipercayakan saja pada tenaga lokal. Dengan begitu, investasi asing bisa dirasakan dampaknya bagi masyarakat,” ujar Saleh.

Saleh menekankan soal penggunaan tenaga kerja asing di Indonesia.

“Kan, tidak elok jika investor dapat banyak. Mereka sudah mendapatkan izin eksplorasi sumber daya alam kemudian membawa tenaga kerja sendiri dan hasil produksinya di bawa ke negaranya,” katanya.

Menurut Saleh persoalan ketenagakerjaan di Indonesia masih perlu perhatian khusus. Akibat merebaknya Covid-19, banyak perusahaan yang terpaksa mem-PHK karyawannya, kata Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) tersebut.

Politisi PAN itu juga mengkritisi jumlah pekerja terkena PHK yang mencapai jutaan orang. Pemerintah, ujar Saleh, harus memberi perhatian lebih dengan menyediakan lapangan kerja baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bantuan Keuangan Politik Disalurkan Dua Tahap

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement