Pasien Covid-19 yang Sembuh Terbanyak di Jakarta dalam Sepekan Terakhir

Petugas medis mengenakan alat pelindung diri mendorong ranjang beroda tempat pasien berstatus dalam pengawasan corona menuju ruang isolasi RSUD dr. Iskak di Tulungagung, Jawa Timur, pada Jumat (13/3/2020). - Antara
13 Juni 2020 20:47 WIB Setyo Aji Harjanto News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat 563 pasien Covid-19 yang sembuh pada Sabtu (13/6/2020). Secara kumulatif, total pasien yang sembuh dari Covid-19 di Indonesia mencapai 13.776 orang.

Dari jumlah total tersebut, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Tengah tercatat sebagai provinsi dengan angka kesembuhan terbanyak.

Sementara itu, Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jambi, Maluku Utara, dan Bangka Belitung mencatatkan angka kesembuhan paling sedikit.

Hari ini secara kumulatif DKI Jakarta mencatatkan angka kesembuhan tertinggi sebanyak 3.844 orang, diikuti Jawa Timur 2.117 orang, Jawa Barat 1.093 orang, Sulawesi Selatan 866 orang, dan Jawa Tengah 709 orang.

Selama sepekan terakhir, Provinsi DKI Jakarta mencatatkan pertumbuhan kasus sembuh terbanyak. Secara rinci kasus Covid-19 yang sembuh di DKI Jakarta bertambah 710 orang. Posisi kedua diisi Jawa Timur dengan pertambahan 708 orang, lalu Jawa Tengah sebanyak 295 orang, Jawa Barat 215 orang, dan Sulawesi Selatan 193 orang.

Dari kelima provinsi tersebut tercatat laju angka kesembuhan di Jawa Tengah lebih tinggi dibanding pertambahan kasus positif Covid-19 selama sepekan terakhir. Tercatat pertumbuhan kasus positif Covid-19 di Jawa Tengah hanya sejumlah 181, lebih rendah dibandung pertumbuhan angka pasien sembuh yang sejumlah 295 orang.

Sebaliknya, laju angka pertambahan kasus positif Covid-19 di Jawa Timur melesat jauh dibandingkan angka kesembuhan selama sepekan terakhir. Tercatat pertumbuhan kasus positif Covid-19 di Jawa Timur mencapai 1.649 kasus baru, jauh di atas pertumbuhan angka kesembuhan yang hanya 708 kasus.

Selain itu, dari total kasus terkonfirmasi, persentase angka kesembuhan di Provinsi Jawa Timur tercatat paling rendah dibanding keempat provinsi lainnya. Persentase kesembuhan Jawa Barat per 13 Juni 2020 tercatat sebesar 47,7 persen, diikuti DKI Jakarta 43,9 persen, Jawa Tengah 36,4 persen, Sulawesi Selatan 31,9 persen dan terakhir Jawa Timur 27,8 persen.

Pemerintah saat ini mempelajari sejumlah episentrum baru penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto pun menyebut salah satu wilayah episentrum Covid-19 di Indonesia yang tengah dipelajari pemerintah adalah Surabaya, Jawa Timur.

“Kami sedang mempelajari beberapa hal terkait episentrum lain seperti Surabaya, Makasar kemudian Kalimantan Selatan, untuk kita hitung kembali berapa yang sudah kita lakukan tes per 1 juta penduduk,” kata Yuri Sabtu (13/6/2020).

Kendati demikian, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya diputuskan tidak diperpanjang lagi atas hasil koordinasi kesepakatan 3 kepala daerah (Surabaya, Gresik, Sidoarjo) pada 8 Juni lalu.

Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Heru Tjahjono mengatakan Gubernur Jatim bersama Forkopimda sudah melakukan diskusi yang bersifat teknis untuk menjadi dasar-dasar pengambilan keputusan untuk melanjutkan PSBB atau tidak.

Meski PSBB telah berakhir, kata Heru, ada masa transisi yang harus dilakukan dan saat ini secara teknis masih akan dibahas bersama. Adapun masa transisi itu sudah diputuskan selama 14 hari.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia