Advertisement

Orang Tua Punya Peran Penting dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Newswire
Jum'at, 12 Juni 2020 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Orang Tua Punya Peran Penting dalam Pembelajaran Jarak Jauh Foto ilustrasi. - Antarafoto/ Ampelsa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Orang tua memiliki peran penting dalam penerapan metode pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19.

"Seperti halnya home schooling, maka peran utama adalah yang utama," kata Komisioner Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti saat dihubungi lewat telepon dari Jakarta, Jumat (12/6/2020). 

Advertisement

Dalam program pembelajaran jarak jauh atau sekolah dari rumah, ia mengatakan, orang tua harus menggantikan sebagian dari peran guru.

Ia mengatakan, para guru membimbing anak belajar dan menyampaikan penugasan lewat komunikasi langsung dengan siswa via daring selama proses pembelajaran jarak jauh.

Setelah proses belajar via daring selesai, ia melanjutkan, orang tua harus mengambil alih tugas membimbing dan mendampingi anak belajar dan mengerjakan tugas dari guru di rumah.

"Jadi tugas yang membimbing, yang memfasilitasi, menemani yang selama ini dilakukan guru, itu pindah ke orang tua sebenarnya," kata dia.

Para orang tua, ia mengatakan, mesti menyadari peran penting mereka dalam proses pembelajaran anak selama masa pandemi dan tidak mengesampingkan tugas mereka dalam membimbing, mendampingi, dan memfasilitasi anak belajar selama masa ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement