Advertisement

Menko PMK: Indonesia Masih dalam Kondisi Baik Hadapi Covid-19

Newswire
Rabu, 20 Mei 2020 - 13:27 WIB
Nina Atmasari
Menko PMK: Indonesia Masih dalam Kondisi Baik Hadapi Covid-19 Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan). - Suara.com/Yosea Arga Pramuditha

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meyakini pemerintah masih mampu memberikan yang terbaik untuk penanganan Covid-19.

Hal itu diungkapkannsaat Muhadjir meninjau kondisi Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (20/5/2020).

Advertisement

Dalam kunjungannya tersebut, Muhadjir meninjau beberapa bangunan termasuk mess perawat yang berada di satu komplek dengan RS Khusus Infeksi Pulau Galang. Selain itu ia juga mengetahui ada 95 pasien yang tengah dirawat di sana.

"Dari 95 orang yang dirawat di sini alhamdulillah dalam keadaan sehat, tidak ada satupun yang mengalami fatalitas," kata Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/5/2020).

"Itu artinya kita patut bersyukur antisipasi terburuknya tidak terjadi dan Indonesia masih mendapatkan kondisi sangat baik dalam menghadapi Covid-19," katanya.

Meski melihat penanganan pasien Covid-19 berjalan dengan baik, Muhadjir menekankan kepada masyarakat untuk tidak boleh lengah. Justru menurutnya masyarakat mesti meningkatkan kewaspadaan dan terus menjaga kehati-hatian hingga pandemi Covid-19 benar-benar tuntas.

Apalagi saat ini pemerintah tengah mempersiapkan untuk memasuki era new normal life atau kehidupan normal kembali pasca Covid-19. Dengan begitu masyarakat diimbau untuk tetap mempertahankan perilaku hidup bersih dan beradaptasi dengan keadaan normal yang baru.

"Bagaimanapun Covid-19 ini harus kita hadapi. Ke depan selain tindak tanduk kita yang harus menyesuaikan dengan perilaku virus covid ini, salah satunya adalah kita siapkan RS yang memang akan melayani Covid-19 seperti yang ada di Pulau Galang," ucapnya.

Lebih lanjut, Muhadjir mengungkapkan kalau RS Khusus Infeksi Pulau Galang direncanakan akan digunakan untuk melayani para pekerja migran. Sebagaimana diketahui, Pulau Galang adalah penyebrangan masuknya para pekerja Indonesia yang bekerja di luar, khususnya di negeri tetangga.

"Ini nanti akan kita bicarakan kembali, syukur-syukur bisa jadi RS rujukan utama. Karena posisinya Batam yang strategis, maka RS ini menjadi sangat strategis untuk kepentingan pelayanan khusus wilayah Batam dan wilayah Indonesia bagian barat," katanya menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terus Jajaki Sejumlah Parpol jelang Pilkada 2024, Heroe Poerwadi Sebut Kantongi Nama Wakil

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement