Advertisement

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pelonggaran PSBB di Indonesia

Newswire
Senin, 18 Mei 2020 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Jokowi Tegaskan Tak Ada Pelonggaran PSBB di Indonesia Presiden Jokowi ketika menggelar Ratas Laporan Gugus Tugas Covid-19, 30 Maret 2020. - Ist/YouTube Sekretariat Presiden

Advertisement

Harianjogja.om, JAKARTA-Pemerintah mengklaim, pelonggaran PSBB baru sebatas rencana.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak ada pengurangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam satu hingga dua pekan ke depan. Kepala negara hanya menyiapkan skenario pelonggaran pembatasan, tapi itu pun tergantung dari data-data terkait angka Covid-19 di lapangan.

Advertisement

Demikian diungkapkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo usai mendapat arahan dari Presiden Jokowi saat Rapat Terbatas (Ratas) terkait percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta.

"Arahan dari bapak Presiden sampai dengan satu dan dua minggu kedepan belum ada kebijakan pengurangan pembatasan sehingga apa yang hari ini disampaikan adalah sebuah rencana, sebuah rencana tentang skenario yang nantinya akan tergantung dari data-data lapangan," kata Doni, Senin (18/5/2020).

Tak hanya soal rencana atau skenario pengurangan PSBB, kata Doni, Presiden Jokowi juga menegaskan terkait larangan untuk mudik menjelang lebaran. Kata Doni, Presiden meminta dengan tegas agar tidak ada yang mudik pada lebaran tahun ini.

"Bapak presiden juga mengulangi kembali larangan mudik. Tidak boleh mudik titik, dan mari kita ikut menjaga secara bersama-sama tingkat kepatuhan masyarakat agar tidak ada yang mudik. supaya risiko terpapar masyarakat di kampung halaman itu bisa kita cegah," jelasnya.

Meskipun melarang untuk mudik, pemerintah memberikan ruang untuk angkutan beroperasi. Angkutan yang diperbolehkan beroperasi meliputi pengangkut logistik pangan dan yang berhubungan dengan pemerintahan.

"Kemudian, juga perlu diingatkan bahwa pelarangan mudik ini tetap memberikan ruang kepada transportasi yang berhubungan dengan aktivitas logistik, aktivitas pangan, dan kegiatan pemerintahan serta kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan percepatan penanganan Covid," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com dengan judul "Presiden Jokowi Tegaskan Tidak Ada Pelonggaran PSBB".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement