Advertisement

Pengungsi Rohingya Mulai Terserang Covid-19

John Andhi Oktaveri
Jum'at, 15 Mei 2020 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pengungsi Rohingya Mulai Terserang Covid-19 Ilustrasi - Pengungsi etnis Rohingya melaksanakan Salat Idulfitri 1439 H di tempat penampungan sementara komplek SKB Cot Gapu, Bireuen, Provinsi Aceh. Jumat (15/6). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dua pengungsi Rohingya dinyatakan positif mengidap Covid-19 di kamp pengungsi terbesar di dunia di Bangladesh. 

Kasus itu merupakan yang pertama dikonfirmasi di antara para pengungsi di Cox's Bazar, tempat sekitar satu juta pengungsi Rohingya berkemah, kata seorang dokter pemerintah.

Advertisement

Para pejabat mengatakan kepada BBC yang dilansir dari Bisnis.com bahwa mereka yang terinfeksi sekarang dirawat secara terpisah.

Sekitar 1.900 pengungsi lain sekarang diisolasi untuk menjalani tes.

Para pengungsi Rohingya tersebut  hidup di bawah penguncian sejak 14 Maret.

Seberapa besar ancaman di Cox's Bazar?

Badan-badan bantuan telah memperingatkan selama berminggu-minggu tentang dampak potensial virus pada pengungsi Rohingya.

Alasannya  mereka hidup dalam kondisi sempit dan memiliki akses terbatas ke air bersih

"Sekarang virus telah memasuki pemukiman pengungsi terbesar di dunia di Cox's Bazar, kami sedang melihat prospek yang sangat nyata bahwa ribuan orang mungkin meninggal akibat Covid-19," kata Shamim Jahan, Direktur Kesehatan Save the Children's di Bangladesh, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip BBC.com, Jumat (15/5/2020).

Pandemi Covid-19 akan membuat Bangladesh mundur kembali selama   beberapa dekade.

Manish Agrawal, direktur urusan Bangladesh di Komite Penyelamatan Internasional, mengatakan bahwa para pengungsi tinggal 40.000 hingga 70.000 orang per kilometer persegi.

"Kondisi Itu menunjukkan setidaknya 1,6 kali kepadatan populasi di atas kapal pesiar Diamond Princess, di mana penyakit ini menyebar empat kali lebih cepat daripada di Wuhan pada puncak wabah," katanya merujuk pada sebuah kapal pesiar di Jepang tempat Covid-19 menyebar dengan cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement