Kemendag Bantu Fasilitas Kesehatan untuk 157 Pasar, Salah Satunya di DIY

Pembeli memilih jeruk di Pasar Beringharjo, Jogja, yang dipasangi pembatas agar konsumen tetap jaga jarak, Rabu (22/4)./Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah\\n\\n
29 April 2020 18:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan akan memberikan bantuan berupa fasilitas kesehatan untuk 157 pasar di enam provinsi di Indonesia. Selain DIY, bantuan juga diberikan untuk DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten. 

"Untuk mengurangi pandemi Covid-19, Kemendag juga memberikan bantuan fasilitas kesehatan untuk pasar, antara lain berupa bilik disinfektan, penyanitasi tangan, masker, dan sarung tangan yang diprioritaskan untuk pedagang dan pembeli," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melalui konferensi video di Jakarta, Rabu (29/4/2002). 

Khusus untuk di DKI Jakarta, Kemendag akan memberikan bantuan kepada 20 unit pasar rakyat termasuk Pasar Keramat Jati.

Selain itu, untuk menggalang kepedulian dalam penanganan Covid-19, Kemendag membentuk Satgas Kemendag Peduli untuk menerima donasi dari seluruh pegawai dan masyarakat.

Tujuannya adalah untuk mengkoordinasikan penitipan donasi dan menyalurkan ke pihak-pihak terkait yang sangat membutuhkan.

Khususnya untuk tenaga medis dan kesehatan. Donasi tersebut berupa obat-obatan, perangkat alat kesehatan, termasuk Alat Pelindung Diri (APD), masker, penyanitasi tangan, sarung tangan, pelindung wajah, maupun uang.

"Bantuan Kemendag tersebut telah diberikan kepada tiga rumah sakit yaitu RSD Budiasih, RSD Tebet dan RSD Duren Sawitt," ujar Mendag.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini berharap, dengan menumbuhkan semangat kebersamaan dan kepedulian yang besar untuk rakyat, maka ia optimistis bahwa pandemi Covid-19 dapat segera berlalu.

"Kita pasti bisa melalui masa sulit ini bersama-sama dengan semangat yang kuat," pungkas Mendag.

Sumber : Antara