Advertisement

Kementerian PUPR Bangun 50 Rumah Khusus TNI di Pontianak

Nina Atmasari
Rabu, 22 April 2020 - 10:37 WIB
Nina Atmasari
Kementerian PUPR Bangun 50 Rumah Khusus TNI di Pontianak Rumah khusus bagi prajurit yang bertugas di KODAM/XII Tanjungpura di Pontianak Provinsi Kalimantan Barat. - Ist/Dok Kementerian PUPR

Advertisement

Harianjogja.com, PONTIANAK – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pemerataan pembangunan perumahan bagi prajurit TNI Angkatan Darat. Salah satunya adalah pembangunan 50 unit rumah khusus bagi prajurit yang bertugas di KODAM/XII Tanjungpura di Pontianak Provinsi Kalimantan Barat.

“Kami sedang menyelesaikan pembangunan 50 rumah khusus di Asrama Militer Hidayat ntuk prajurit di lingkungan TNI Angkatan Darat yang bertugas di KODAM /XII Tanjungpura di Pontianak,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Andy Suganda didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Khusus dan Rumah Susun SNVT Perumahan Kalbar, Irsan Basalamah saat melakukan pengecekan lapangan ke lokasi pembangunan rumah khusus di Asrama Militer Hidayat di KODAM/XII Tanjungpura Pontianak, beberapa waktu lalu.

Advertisement

Andy Suganda menjelaskan pembangunan rumah khusus tersebut merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah. Kementerian PUPR berharap dengan pembangunan rumah khusus ini berguna dan dapat bermanfaat bagi prajurit TNI sehingga mereka dapat fokus bertugas di lapangan.

Berdasarkan data yang ada, imbuhnya, SNVT Penyediaan Perumahan Kalimantan Barat pada tahun anggaran 2019 membangun 50 unit rumah khusus Asrama Militer Hidayat yang terletak di Jalan Alianyang, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, kalimantan Barat. Rumah khusus tersebut dibangun dengan bentuk kopel tipe 36.

Rumah khusus tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, jaringan air PDAM, jaringan listrik dan fasilitas prasana, sarana dan utilitas (PSU).

“Total anggaran untuk pembangunan 50 rumah khusus tersebut sekitar Rp 7 miliar,” terangnya.

Dalam program pembangunan rumah khusus ini, pihak SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Barat menggandeng pelaksana PT. Sinar Agung Mandiri sebagai penyedia jasa serta konsultan PT. Visiprana. Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan KODAM /XII Tanjungpura secara intens guna memberikan hunian yang terbaik bagi prajurit TNI.

Dari data yang dihimpun di KODAM/XII Tanjungpura, Asrama Militer Hidayat dibangun pada tahun 1950. Kondisi asrama tersebut sebelumnya masih berbentuk barak dengan struktur material kayu dan memiliki atap dari kayu ulin.

Salah satu penghuni, Letkol Bahrun Taslim, prajurit TNI AD, KODAM/XII Tanjungpura yang juga sebagai Ketua Rukun Tetangga di Asrama Militer Hidayat mengatakan dirinya sangat berterima kasih atas pembangunan ini karena rumah khusus yang dibangun Kementerian PUPR sangat baik dan layak huni.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Kementerian PUPR yang telah membangun Asrama Militer ini menjadi lebih baik dan layak huni,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement