Advertisement

Di Tengah Lockdown akibat Pandemi Covid-19, Taipan India Makin Kaya

Nirmala Aninda
Rabu, 08 April 2020 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Di Tengah Lockdown akibat Pandemi Covid-19, Taipan India Makin Kaya Supermarket D-Mart yang dikelola oleh Avenue Supermarts Ltd di Maharashtra, India. - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kekayaan Radhakishan Damani, pendiri Avenue Supermarts Ltd., melonjak hampir 11% tahun ini menjadi US$10,7 miliar.

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, Damani menjadi 12 orang India terkaya dengan keuntungan tertinggi sepanjang 2020. Saham Avenue Supermarts, yang berkontribusi terhadap hampir semua kekayaan bersih Damani, tercatat meningkat 24% dalam periode tahun berjalan.

Advertisement

"Orang-orang memborong bahan pokok di tengah kepanikan dan menimbun makanan selama lockdown berlansung, dan itu yang mendorong penjualan," ujar Arun Kejriwal, direktur di perusahaan penasihat investasi di Mumbai, Kris, seperti dikutip melalui Bloomberg, Rabu (8/4).

Model bisnis yang unik dan lokasi supermarket yang beroperasi di luar pusat perbelanjaan menguntungkan perusahaan di tengah pandemi.

Radhakishan Damani, the only Indian billionaire to get richer ...

Radhakishan Damani/livemint.in

Damani melihat kekayaannya melonjak di tengah guncangan terhadap pasar saham yang menggerus lebih dari seperempat nilai kekayaan rekan miliarder senegaranya, seperti Mukesh Ambani dan Uday Kotak selama pandemi virus corona berlangsung.

Rantai supermarket Damani, yang dikenal dengan struktur biaya yang hemat, memperoleh keuntungan dari masyarakat yang melakukan panic buying kebutuhan pokok rumah tangga setelah India memutuskan untuk menempatkan 1,3 miliar orang di bawah lockdown selama tiga pekan.

Selain Damani, Cyrus Poonawalla, pendiri pabrik vaksin Serum Institute of India, adalah satu-satunya taipan India di antara 12 taipan yang kekayaannya meningkat pada 2020.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan bersih Poonawalla meningkat 2,6 persen menjadi US$8,9 miliar tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement