Lionair Terbakar Saat Lepas Landas di Filipina

Pesawat Lionair yang terbakar di Filipina - Twitter/@jenelle_eli
29 Maret 2020 22:27 WIB Annisa Margrit News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Pesawat Lionair terbakar di Filipina saat lepas landas di Bandara Internasional Ninoy Aquino, Manila, Minggu (29/3/2020) malam.

Dilansir dari The New York Times, pesawat yang menjadi ambulans udara itu dijadwalkan berangkat dari Manila menuju Jepang. Tercatat seluruh penumpang, termasuk pilot, dua kru pesawat, seorang dokter, seorang perawat, seorang tenaga medis untuk di pesawat, seorang warga AS, serta seorang warga Kanada, tewas. Pesawat ini dimiliki Lionair Inc, maskapai penerbangan asal Filipina.

"Sayangnya, tidak ada penumpang yang selamat," terang Otoritas Bandara Internasional Manila dalam pernyataan resmi.

Otoritas tersebut menyatakan runway telah ditutup dan penyelidikan terkait terbakarnya pesawat Lionair Flight 5880 itu tengah dilakukan.

Kepala Palang Merah Filipina, Senator Richard Gordon, mengatakan tim medis sudah dikirim ke bandara untuk merespons peristiwa ini.

"Pesawat itu terbakar dan meledak ketika lepas landas dari runway 24 di NAIA [kode Bandara Ninoy Aquino]," ujarnya.

The Strait Times Singapura melaporkan manifes pesawat menunjukkan bahwa penumpang berkebangsaan Kanada di pesawat itu dalam keadaan sakit. Namun, belum dapat dipastikan apakah pasien tersebut sedang dievakuasi menuju Tokyo.

Kementerian Kesehatan Filipina telah membantah pihaknya menyewa pesawat itu untuk mengirim pasokan medis ke daerah-daerah yang paling terdampak penyebaran virus corona.

Adapun peristiwa ini berlangsung sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia