Diimunisasi Dokter yang Positif Corona, Kanselir Jerman Angela Merkel Karantina Diri

Kanselir Jerman Angela Merkel - Reuters
23 Maret 2020 07:37 WIB Renat Sofie Andriani News Share :

Bisnis.com, JAKARTA – Kanselir Jerman Angela Merkel menjalani karantina di rumahnya setelah dokter yang memberinya imunisasi diketahui positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Juru bicara pemerintah Steffen Seibert mengatakan bahwa Merkel telah memutuskan untuk mengisolasi diri segera setelah mengetahui hasil tes dokter itu positif.

“Kanselir akan menjalani tes secara teratur dalam beberapa hari ke depan dan mengerjakan tugas-tugasnya dari rumah,” ungkap Seibert pada Minggu (22/3/2020), seperti dilansir dari Bloomberg.

Kontak Merkel dengan dokter tersebut terjadi pada Jumat (20/3/2020). Saat itu, sang dokter memberi Merkel, 65, imunisasi pencegahan bakteri pneumonia.

Salah satu sosok dunia paling disegani tersebut terbukti berupaya memberi contoh di tengah dorongannya kepada warga Jerman untuk menanggapi ancaman virus ini dengan serius.

Ia tidak akan menghadiri rapat kabinet yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (23/3/2020) dan telah menunda pidato di parlemen untuk dapat memberi penjelasan singkat soal respons pemerintahannya terhadap virus corona, menurut Kepala Staf Kanselir Helge Braun.

“Kontak itu [dengan dokter] terjadi singkat. Kami berharap Kanselir mungkin tidak terinfeksi. Tapi dia telah memutuskan untuk memberikan contoh yang baik dan menjalani karantina,” tutur Braun.

Sesaat sebelum pengumuman mengenai karantinanya, Merkel sempat berbicara dalam suatu konferensi pers setelah berkonsultasi dengan para pemimpin regional.

Dia memaparkan langkah-langkah pembatasan baru untuk upaya membendung penyebaran virus corona. Ia juga menjawab pertanyaan tentang bagaimana menghadapi situasi ini secara pribadi.

"Saya telah membatalkan hampir semua janji tatap muka secara langsung. Jadi hidup saya juga telah berubah secara mendasar dan sebagian besar dilakukan melalui telepon dan konferensi video,” ungkap Merkel.

Pada awalnya ia menunjuk menteri kesehatannya, Jens Spahn, untuk memimpin komunikasi strategi pemerintah Jerman dalam hal penanganan corona. Namun, seiring dengan meningkatnya skala ancaman virus tersebut, peran Merkel semakin menonjol.

Pekan lalu, ia menyampaikan pidato di televisi dengan mengimbau pelosok negeri untuk menanggapi virus corona dengan serius. Ia dipuji atas pendekatannya yang tidak berbelit-belit dan menyusun rencana pengeluaran besar-besaran demi menjaga ekonomi Jerman tetap berjalan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia