Dirawat di RSPAD karen Virus Corona, Begini Kondisi Terkini Menhub Budi Karya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan keterangan terkait penurunan harga tiket pesawat, di Jakarta, Kamis (20/6/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
21 Maret 2020 05:27 WIB Anitana Widya Puspa News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikabarkan dalam kondisi yang berangsur membaik setelah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

Star Khusus Menteri Perhubungan bidang Komunikasi Adita Irawati mengatakan kondisi Menhub Budi Karya berangsur membaik dengan hasil rontgen organ vital juga menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Menurutnya, informasi terkini mengenai kondisi Menhub disampaikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Soal kondisi Menhub disampaikan Pak Terawan. Pak Menteri alhamdulillah tiap hari membaik, hasil rontgen juga baik. Kondisinya makin stabil hasil rontgen menujukan perbaikan. Doakan pulih total dan bisa beraktivitas lagi," ujar Adita, Jumat (20/3/2020).

Terkait dengan hal detail lainnya yakni suhu tubuh, Adita menyatakan tidak mengetahui secara pasti. Dia menyatakan, pihaknya tidak bisa setiap hari membagikan informasi terkait dengan kondisi Menhub karena pihak keluarga dan Rumah Sakit menjadi pihak yang paling berwenang untuk menyampaikannya.

"Yang bisa sampaikan RS dan keluarga. Karena sudah disampaikan saya bisa teruskan kepada teman-teman," imbuhnya.

Saat ini menteri yang akrab disapa BKS tersebut tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Menhub yang juga mantan direksi AP II ini dipastikan positif terjangkit virus corona atau Covid-19 dengan nomor kasus ke-76.

Menhub Budi Karya mengalami sakit yang cukup lama hingga sempat mengalami sesak napas yang pada mulanya dideteksi sebagai gejala tifus dan asma.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto, menyatakan bahwa terkait hal tersebut, pemerintah telah melakukan tracing terhadap pihak-pihak yang pernah melakukan kontak dengan Menhub.

Apabila ditemukan kontak tapi tanpa keluhan, maka pihak yang bersangkutan akan direkomendasikan untuk melakukan self-isolated atau karantina mandiri di rumah dengan pemantauan tenaga kesehatan.

Sebaliknya, jika ditemukan kontak dengan keluhan, maka orang yang bersangkutan akan dibawa ke rumah sakit sesegera mungkin.

Sumber : Bisnis.com