Covid-19 Terancam Jadi Pandemi, Apa Bedanya dengan Epidemi dan Wabah?

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers setelah pertemuan Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional (IHR) untuk Pneumonia karena Novel Coronavirus 2019-nCoV di Jenewa, Swiss, 22 Januari, 2020. - Reuters
10 Maret 2020 14:27 WIB Nancy Junita News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan adanya ancaman "sangat nyata" bahwa wabah virus corona baru akan menjadi pandemic, meski menekankan bahwa virus tersebut masih dapat dikendalikan.

Pernyataan itu disampaikan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus setelah infeksi corona global melewati angka 100.000 hingga hari ini.

"Ancaman pandemi virus corona menjadi sangat nyata," ujarnya seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Selasa (10/3/2020).

Akan tetapi, dia menekankan bahwa bila masih disebut pandemi, maka virus itu masih dapat ditahan dan dikendalikan.

"Itu akan menjadi pandemi pertama dalam sejarah yang bisa dikendalikan," katanya.

Lalu, apa beda epidemi dengan pandemi?

Epidemi dan pandemi adalah istilah epidemiologi yaitu ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta faktor yang terkait di tingkat populasi. Selain epidemi, pandemi ada lagi istilah wabah. Berikut perbedaan wabah, epidemi dan pandemi yang dikutip dari wikipedia, www.verywellhealth.com, dan alodokter:

Wabah

Wabah adalah terjadinya suatu penyakit dalam masyarakat, di mana jumlah orang terjangkit lebih banyak daripada biasanya, pada komunitas tertentu atau di musim-musim tertentu. Wabah ini bisa terjadi secara terus menerus, mulai hitungan hari hingga tahun. Tidak hanya di satu wilayah, tetapi bisa juga meluas ke daerah atau negara lain.

Masyarakat sering menganggap bahwa jika terjadi penyakit menular, itu berarti telah terjadi wabah. Padahal, tidak selalu begitu. Penyakit dikatakan wabah ketika penyakit itu:

Sudah lama tidak pernah menjangkiti masyarakat,
Datang penyakit baru yang sebelumnya tidak diketahui,
Penyakit tersebut adalah penyakit yang baru pertama kali menjangkiti masyarakat di daerah itu.

Epidemi

Epidemi adalah kondisi yang mirip dengan wabah. Keadaan dikatakan epidemi jika suatu kelompok masyarakat atau wilayah terkena penyakit menular dan kejadiannya terjadi secara cepat.

Salah satu contoh epidemi adalah pada tahun 2003 ketika terjadi penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang mewabah di seluruh dunia dan menelan korban ratusan jiwa.

Pandemi

Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi secara luas di seluruh dunia. Dengan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama warga dunia. Contoh pandemi adalah HIV/AIDS. Tidak hanya itu, influenza yang saat ini tampak ringan pun dahulu pernah menjadi penyakit yang masuk ke dalam kategori pandemi dan menjadi masalah penyakit tingkat dunia.

Menurut World Health Organization (WHO), pandemi terjadi jika telah memenuhi tiga kondisi:

Munculnya penyakit baru pada penduduk
Menginfeksi manusia, menyebabkan penyakit berbahaya
Penyakit dapat menyebar dengan mudah dan berkelanjutan di antara manusia
 

Sumber : Bisnis.com