Melonjak Drastis, Pasien Positif Corona di Indonesia Kini 19 Orang

Ilustrasi - Reuters/Dado Ruvic
09 Maret 2020 18:17 WIB Muhammad Khadafi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Pasien yang positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia bertambah menjadi 19 orang. Senin (9/3/2020) sekitar pukul 17.30, pemerintah mengumumkan 13 pasien baru.

Seluruh pasien itu sebelumnya telah dinyatakan sebagai suspect atau terduga positif Covid-19. Sebelumnya Kementerian Kesehatan mencatat ada 21 suspect, hingga Minggu (8/3/2020)

"Hasil laboratoritum terakhir siang tadi yang merupakan lanjutan dari beberapa hari lalu dengan PCR dan sudah dikOnfirmasi dengan genome sequencing, ada bebrapa kasus positif lagi," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk Indonesia Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Sebanyak dua orang adalah warga negara asing. Yuri hanya menyebutkan bahwa WNA itu tidak berasal dari empat negara yang saat ini telah mendapat pembatasan akses oleh pemerintah Indonesia.

Sementara itu enam orang terinfeksi seusai melakukan perjalanan dari luar negeri. Yuri tidak menjelaskan lebih rinci mengenai hal tersebut. Dingga Senin (9/3/2020) siang, kasus positif Covid-19 di dalam negeri sebanyak enam kasus. Semua pasien tengah diisolasi di rumah sakit.

Sebanyak lima kasus saling terkait. Sebelumnya, satu pasien diduga tertular dari warga negara Jepang saat menghadiri sebuah acara pesta dansa. Sementara itu satu pasien lainnya terinfeksi saat menjadi anak buah kapal Diamond Princess. Kapal tersebut sempat disebut sebagai episentrum penyebaran Covid-19.

Menurut Yuri, seluruh pasien saat ini dirawat tanpa gejala kesehatan yang signifikan dan juga tanpa alat bantu kesehatan, seperti selang oksigen dan infus.

Kementerian Kesehatan telah meneliti 620 spesimen terkait pengendalian wabah Covid-19 dari 25 provinsi. Sebanyak 21 tergolong suspect atau diduga telah terinfeksi, tetapi masih membutuh observasi lebih lanjut.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia