Kena Banjir, Misa Rabu Abu di Jakarta Ada yang Dipindah

Ilustrasi. - Solopos/Sunaryo Haryo Bayu
26 Februari 2020 07:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hujan yang mengguyur wilayah Ibu Kota membuat beberapa gereja Katolik di Jakarta terdampak banjir. 

"Kapel Santa Maria dan Gereja Kalvari memang terkena banjir," kata Humas Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwadie saat dihubungi Antara di Jakarta, Selasa (25/2/2002).

Misa harian di Kapel Santa Maria tetap berjalan pada Selasa (25/2/2020), meskipun hujan melanda, namun hanya sedikit yang datang karena hujan deras mengakibatkan banjir di sejumlah area di Jakarta dan sejumlah ruas jalan tergenang air. "Misa hari ini hanya harian, jam 06.00 WIB pagi yang hadir hanya tujuh umat (orang) karena hujan deras," tuturnya.

Sementara, akibat kebanjiran Gereja Kalvari memindahkan kegiatan Misa Rabu Abu pada Rabu (26/2/2020) ke Taman Mini Indonesia Indah. Berdasarkan hasil rapat terbatas para pastor, Misa Rabu Abu akan dipusatkan di Gereja Katolik Stasi Santa Katarina di Taman Mini Indonesia Indah. Misa Rabu Abu itu akan dilaksanakan pada pukul 07.00, 09.00 dan 19.00 WIB.

Diberitakan sebagian kawasan di wilayah Jakarta dilaporkan terendam banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung sejak Selasa dini hari.

Dikutip melalui akun Twitter @TMCPoldaMetro pada pukul 05.36 WIB dilaporkan banjir merendam sejumlah ruas jalan maupun permukiman penduduk di sebagian wilayah Jakarta sejak pukul 04.00 WIB.

Area yang terkena banjir diantaranya Kebon Nanas, Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, setinggi 20 hingga 40 sentimeter; Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, setinggi 20 hingga 40 sentimeter; Jalan Pluit Raya, Jakarta Utara, setinggi 30 hingga 40 sentimeter; Jalan Satria Raya, Grogol, Jakarta Barat setinggi 30 hingga 50 sentimeter.

Kemudian, kawasan Jengki, Cipinang Asem, Kebon Pala, Jakarta Timur, setinggi 40 hingga 50 sentimeter (masuk ke dalam rumah penduduk; Jalan Swadaya, Kelurahan Cempaka Baru, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat setinggi 60 sentimeter; RT 003 RW07, Kelurahan Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, air setinggi 20 hingga 40 sentimeter.

Selain itu, kawasan Monas, Jakarta Pusat, air banjir juga menggenang, di antaranya di Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Agus Salim yang kedalamannya sampai sekitar 50 sentimeter.

Sumber : Antara