Advertisement

Peringati HPN, Wartawan Magelang Tanam Pohon dan Lepas Burung di Gunung Telomoyo

Nina Atmasari
Minggu, 23 Februari 2020 - 15:57 WIB
Nina Atmasari
 Peringati HPN, Wartawan Magelang Tanam Pohon dan Lepas Burung di Gunung Telomoyo Bupati Magelang Zaenal Arifin (tengah) melepasliar burung di Gunung Telomoyo dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional, Sabtu (22/2/2020). - Ist/Dok Humas Pemkab Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG– Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 diisi oleh wartawan di Magelang yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan penghijauan dan pelepasan ke alam bebas di kawasan hutan Gunung Telomoyo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Sabtu (22/2/2020).

Kegiatan ini dilakukan bersinergi dengan Pemkab Magelang, TNI, Polri, Perhutani, relawan, hingga penggerak wisata di Gunung Telomoyo.

Advertisement

Ketua Panitia HPN Kabupaten Magelang, Nina Atmasari mengungkapkan selain ikut serta dalam menjaga kelestarian alam, kegiatan ini juga bertujuan untuk menunjang pariwisata di Gunung Telomoyo. "Sehingga perekonomian masyarakat sekitar bisa meningkat," katanya.

Ia menyebutkan sebanyak 2.000 bibit pohon terdiri pinus, nyamplung, cengkeh, sirsak, petai, durian, jeruk , gayam, dan pohon akar wangi, ditanam di kawasan yang telah dikembangkan menjadi objek wisata tersebut.

Adapun burung yang dilepas ke alam bebas merupakan sumbangan dari Bawaslu Kabupaten Magelang, terdiri 12 pasang burung perkutut dan 10 ekor burung jalak penyu.

Ia menambahkan, pelepasan ke alam bebas di kawasan gunung yang mempunyai ketinggian 1894 meter di atas permukaan laut dan berada di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang tersebut, untuk menambah keanekaragam hayati yang masih banyak hidup bebas dan gunung tersebut, seperti kijang dan kera ekor panjang.

Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud mengatakan, kegiatan penghijauan Gunung Telomoyo yang dilakukan oleh anggota PWI Kabupaten Magelang tersebut, menegaskan kembali bahwa PWI Kabupaten Magelang menjadi salah satu pilar pembangunan di daerah.

“PWI Kabupaten Magelang dalam lima tahun terakhir menjadi salah satu PWI terbaik di Jawa Tengah. Salah satu indikatornya, yakni ada kemauan dan kemampuan sumber daya manusia, untuk menjalin sinergitas dengan unsur-unsur lain di lingkungan pemkab,” katanya.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengapresiasi kegiatan HPN dengan penghijauan dan pelepasan burung ini. "Kami apresiasi kegiatan ini. Semoga ini mampu memotivasi kita bersama untuk ikut menjaga lingkungan dan alam. Karena alam telah memberikan segalanya. Kini sudah saatnya kita mengembalikan apa yang kita ambil dengan menjaga dan merawatnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baliho Menjamur di Jalanan Sleman, Lurah Banyurejo Siap Maju di Pilkada 2024

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement