Besok, PDIP Umumkan 50 Kandidat Kepala Daerah di Pilkada 2020

Pasangan Puguh (Achmad Purnomo, Teguh Prakosa) dan Gibran Rakabuming, sebelum fit and proper test di DPP PDIP, Senin (10/2/2020). - Antara
18 Februari 2020 20:07 WIB Asteria Desi Kartika Sari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - PDIP berencana mengumumkan 50 calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada 2020 di kantor pusat partai di Jakarta, Rabu (19/2/2020) besok. Dari jumlah itu, satu pasangan merupakan calon yang bertarung di pilkada tingkat provinsi.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, menyatakan pihaknya belum akan mengumumkan calon kepala daerah untuk wilayah Solo, Makassar, dan kabupaten/kota di Bali. Untuk nama daerah yang pertama disebut, menjadi salah satu yang paling menarik perhatian masyarakat.

Pasalnya, di Solo, putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, bakal menjadi salah satu kontestannya. Hasto hanya memastikan, nama Gibran masuk sebagai salah seorang bakal calon. 

"Pada dasarnya Kota Solo sudah siap. Tapi pelaksanaan sesuai aspirasi, setelah tanggal 23 Februari. Nanti akan bersamaan dengan para calon dari Bali dan juga beberapa wilayah ibukota propinsi seperti Makassar," kata Hasto dalam keterangan resmi Selasa (18/2/2020). 

Kebetulan, 19 Februari merupakan Hari Raya Galungan. Itu pula alasan PDIP tak memasukkan calon kepala daerah Bali pada pengumuman besok. "Jadi besok dipastikan Solo, Makassar dan seluruh kabupaten/kota di Bali belum diumumkan. Nanti Solo, sama-sama dengan Bali dan Kota Makassar," tandasnya. 

Sementara untuk beberapa wilayah lainnya di Jawa Timur, Hasto mengatakan pihaknya masih melakukan pemetaan. Namun tetap ada calon kepala daerah dari wilayah Jawa Timur yang akan diumumkan besok. Yakni untuk wilayah Ngawi, Lamongan, Malang, dan Sumenep.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia