Media Sebagai Indentifikator dan Teman Komunikasi

Kemeriahan Malam puncak Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Kabupaten Klaten dan HUT RSPD Klaten ke-53 tahun 2020 diperingati pada Kamis (13/2/2020) di Gedung Sunan Pandanaran Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten. - Ist
14 Februari 2020 22:27 WIB Media Digital News Share :

Harianjogja.com, KLATEN - Malam puncak Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Kabupaten Klaten dan HUT RSPD Klaten ke-53 tahun 2020 diperingati pada Kamis (13/2/2020) di Gedung Sunan Pandanaran Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten dengan tema "Prestasi Tanpa Publikasi Kurang Berarti".

Acara itu diihadiri Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang diwakili oleh Asisten I Sekda Klaten dr Rony Roekmito MKes, Kepala OPD, Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo SIKOm, rekan media Kabupaten Klaten dan sekitar 1.000 tamu undangan.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta, Anas Syahirul dalam orasinya mengatakan, media sangat berarti bagi suatu wilayah, dengan adanya media bisa dipublikasikan prestasi yang dimiliki oleh wilayah. Dikatakannya, dulu pers berjuang menggunakan karya jurnalistik untuk melawan penjajahan. Di era sekarang jurnalistik digunakan sebagai identifikator dan teman komunikasi, karena sekarang semua orang mudah dan bebas menggunakan media.

Dengan begitu, kata Anas Syahirul, media atau karya jurnalistik yang dipublikasikan harus bisa dipertanggungjawabkan atau terverifikasi dan tersampaikan dengan baik. Di Kabupaten Klaten sudah ada media mainstrem, online, tv, radio atau yang lainnya. "Diharapkan dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, semua kegiatan bisa terekspos," kata Anas dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (14/2/2020).

Sedangkan Joko Sarjono selaku Ketua Penyelenggara dalam laporannya mengatakan, peringatan HPN dan HUT RSPD Klaten ke 53 tahun 2020 ini bermakna dalam menjalin keakraban dengan 1.000 tamu undangan yang hadir. Gelaran HPN 2020 ini diwarnai diwarnai kegiatan Pelayanan Publik, donor darah bekerja sama dengan PMI Klaten, Polres Klaten, Kodim 0723 Klaten dan Dodiklatpur Rindam IV Diponegoro dan Hiburan Rakyat.

"Teman-teman pers di Klaten saat ini sudah bisa menjalankan tugas jurnalistik sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik, melaksanakan tugas peliputan sesuai dengan fungsi pers yang mengedukasi, menginformasi, menghibur dan memperkuat nasionalisme," kata Joko Sarjono.

Dinamika

Sementara itu Asisten I Sekda Klaten dr Rony Roekmito MKes mewakili Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam pidatonya mengatakan, media di Klaten harus sabar dengan adanya dinamika di Kabupaten Klaten. "Diharapkan dinamika insan media Klaten ini terus mampu menunjukkan ke arah yg lebih baik demi kemajuan Kabupaten Klaten tercinta," tuturnya.

Ia menyampaikan, melalui HPN dan HUT RSPD, semua komponen media di Kabupaten Klaten semakin kompak untuk membangun Kabupaten Klaten yang maju, mandiri , berdaya saing serta berpesan kepada teman-teman di RSPD supaya meningkatkan kinerjanya.

Pelayanan masyarakat juga mewarnai HPN dan HUT RSPD. Mulai dari jam 08.00 WIB sudah ada stand pelayanan kesehatan, dukcapil, pajak, Donor Darah dari PMI Klaten, Hiburan Dunia Anak, Karaoke, Hadroh, Solawatan dan laras madyo dari Paguyuban Keluarga Muslim dari Desa Gesikan, Kecamatan Gantiwarno.

Diakhir acara malam puncak HPN dan HUT RSPD Klaten 2020 ada pemotongan tumpeng oleh Asisten I, Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Kepala Bagian Humas Klaten yang diserahkan kepada wartawan Tribun jogja Victor Mahrizal, redaktur pelaksana Solopos.com Danang Nur Iksan, dan Ketua PWI surakarta Anas Syahirul. Acara dimeriahkan musik keroncong dan paguyuban campursari Pusaka Klaten.