WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Singgah di Batam

Petugas melintas di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (9/4). - JIBI/Dwi Prasetya
01 Februari 2020 01:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan China akan singgah di Bandara Hang Nadim Batam, Sabtu (1/2/2020). Pihak bandara mengaku siap jika harus mengarantina penumpang.

Didi Kusmarjadi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, membenarkan pesawat yang membawa Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China singgah di kota itu.

"Iya, lewat Batam, kami masih rapat dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam untuk berkoordinasi mengenai teknisnya bagaimana," katanya di Batam, Jumat (31/1/2020).

Ia mengatakan kedatangan penumpang WNI dari Wuhan itu ditangani KKP sedangkan, Dinkes hanya mendukung saja.

Didi Kusmarjadi menyatakan belum dapat memastikan apakah WNI dari China itu akan dikarantina sementara di Batam atau hanya singgah untuk perawatan pesawat sejenak.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Karantina dan Survilance Epidemiologi KKP Batam, Romer Simanungkalit menyatakan pihaknya bersiap dengan segala kemungkinan.

"Bila pun ada penerbangan WNI yang singgah di Batam kami sudah siap karena telah berulang kali melakukan simulasi," katanya.

Sumber : Antara