Advertisement

Uni Emirat Arab Siap Investasikan Rp312 Triliun untuk Ibu Kota Baru di Kaltim

Denis Riantiza Meilanova
Senin, 13 Januari 2020 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Uni Emirat Arab Siap Investasikan Rp312 Triliun untuk Ibu Kota Baru di Kaltim Putra Mahkota UEA Mohamed Bin Zayed mendampingi Presiden Jokowi saat akan menandatangani buku tamu kenegaraan di Istana Qasr Al Watan Abu Dhabi, Minggu (12/1/2020). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Uni Emirat Arab (UEA) siap menginvestasikan dana senilai US$22,8 miliar atau setara sekitar Rp312 triliun untuk Indonesia. Niat itu disampaikan oleh Pangeran Sheikh Mohamed bin Zayed, Putra Mahkota UEA, saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Minggu (12/1/2020).

Dana tersebut diinvestasikan melalui Sovereign Wealth Fund bersama-sama dengan Softbank (Jepang) dan International Development Finance Corporation (Amerika Serikat).

Advertisement

“Indonesia adalah sahabat kami yang sangat dekat, selain itu Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk Islam terbanyak. Kami ingin berkontribusi lebih bagi Indonesia," kata Pangeran Sheikh Mohamed bin Zayed, dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Senin (13/1/2020).

UEA akan menginventasikan dana tersebut untuk pembangunan ibu kota baru di Kuta Kartanegara, Kalimatan Timur. Bahkan, Presiden Joko Widodo juga meminta agar Pangeran Sheikh Mohamed bin Zayed< juga turut menjadi Dewan Pengarah Pembangunan untuk ibukota baru tersebut.

Selain itu, dana tersebut juga akan diinvestasikan untuk pembangunan di Aceh. Salah satu alasannya karena jarak terbang antara Aceh dan Abu Dhabi yang kurang lebih 5 jam perjalanan.

Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Pangeran Sheikh Mohamed bin Zayed itu menghasilkan 16 kesepakatan kerja sama. Lima diantaranya bersifat government to government (G-to-G), sementara 11 lainnya bersifat business to business (B to B).

“Untuk G to G-nya adalah di bidang pendidikan Islam, kesehatan, kemudian dari agriculture dan counter terrorism. Sedang yang 11 lainnya sifatnya B to B," jelas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers di Emirate Palace, Abu Dhabi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement