Advertisement

Tonton Gerhana Matahari Cincin di Riau Diminta Bayar Parkir Rp100.000

Arif Gunawan
Kamis, 26 Desember 2019 - 23:37 WIB
Budi Cahyana
Tonton Gerhana Matahari Cincin di Riau Diminta Bayar Parkir Rp100.000 Foto kolase detik-detik puncak gerhana matahari cincin di Kampung Bunsur Kabupaten Siak, Riau, Kamis (26/12 - 2019).Antara/FB Anggoro

Advertisement

Harianjogja.com, PEKANBARU—Gerhana Matahari Cincin menarik minat tamu wisatawan untuk berkunjung ke Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau. Pengunjung bahkan harus membayar parkir hingga Rp100.000.

Ketua Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies (Asita) Riau Dede Firmansyah mengaku mendapatkan laporan dari komunitas wisatawan, soal parkir yang mahal saat berkunjung ke Kabupaten Siak, Riau.

Advertisement

"Memang antusias wisatawan tinggi dengan fenomena alam Gerhana Matahari Cincin ini. Tapi yang kami sayangkan, tadi ada laporan dari Siak, tamu yang datang diminta parkir mobil sampai Rp100.000. Ini laporan, belum saya kroscek," ujarnya kepada JIBI, Kamis (26/12/2019).

Dari laporan itu, Dede menilai pemda serta seluruh pihak yang peduli pariwisata di Riau, agar melakukan evaluasi.

Misalnya dengan berdiskusi dan merangkul masyarakat setempat objek wisata, agar kemudian dapat dibina menjadi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Hal itu dilakukan untuk tujuan jangka panjang, sehingga masalah serupa parkir mahal dan pungli lainnya, tidak terjadi ke depan.

"Memang masalah begini di daerah lain juga ada, aji mumpung istilahnya karena ada kesempatan. Padahal kalau terjadi, tamu bisa kapok tidak mau datang lagi," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal dan Tarif Bus DAMRI ke Bandara YIA Kulonprogo, Cek di Sini

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 04:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement