Advertisement

Wakanda Masuk Daftar Negara Mitra Perdagangan Bebas AS

Nugroho Nurcahyo
Jum'at, 20 Desember 2019 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wakanda Masuk Daftar Negara Mitra Perdagangan Bebas AS Wakanda - Marvelcinematicfuniverce.fandom.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA  - Departemen Pertanian AS (U.S. Department of Agriculture/USDA) memasukkan Wakanda, negeri fiksi dalam film adiwira Marvel, Black Panther, sebagai negara mitra pada daftar negara-negara yang menjalin kerja sama perdagangan bebas dengan AS.

Hingga Rabu (18/12/2019) sore, atau Kamis (19/12/2019) pagi WIB, negara khayalan di Afrika Timur itu masih tercantum dalam daftar layanan pelacak tarif luar negeri USDA.
Juru Bicara USDA, Mike Illenberg, mengatakan negara fiksi itu tercantum ke dalam daftar karena kekeliruan menginput file uji coba ke dalam sistem yang sebenarnya.

Advertisement

“Pegawai layanan agrikultur mancanegara yang mengelola pelacak tarif, telah keliru memasukkan data uji coba yang sebelumnya digunakan untuk memastikan sistem tersebut berjalan sesuai rancangan," kata Mike Illenberg, dikutip Time , Kamis (19/12/2019).

“Wakanda semestinya dihapus setelah tes dilangsungkan. Dan saat ini sudah dicabut dari daftar."

Saat masih tercantum di daftar situs tersebut, Wakanda dijelaskan mengekspor ke AS antara lain kuda, kambing, dan kalkun. Wakanda pertama muncul dalam komik Marvel, Fantastic Four pada 1966, dan diadaptasi kembali dalam film peraih Oscar tahun lalu, Black Panther.

Kekeliruan konyol ini kali pertama ditemukan Francis Tseng, rekanan di Jain Family Institute pada Rabu pagi waktu AS, saat ia meriset bagaimana kesepakatan perdagangan dapat memengaruhi distribusi makanan di negara-negara yang terdaftar sebagai mitra dagang A.S.

“Saya sampai mencoba membukanya dua kali,” Tseng mengatakan kepada NBC. “Saya sampai mencari Wakanda di Google untuk meyakinkan diri bahwa negara itu hanya fiksi, dan saya ternyata tidak salah ingat. Maksudku, ini tidak bisa dipercaya."

Negara khayalan itu telah dihapus dari daftar sesaat setelah NBC menanyakan kebenaran daftar itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 27 April 2024: Hujan Sedang di Siang Hari

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement