Sri Mulyani Berada di Nomor 76 Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir aat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2019). - Antara
14 Desember 2019 17:17 WIB Saeno News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bBersama sejumlah wanita dari berbagai kalangan, mulai dari miliarder dunia hingga penyanyi terkemuka masuk dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi Forbes.

 Sri Mulyani Indrawati berada di peringkat 76 dari 100 wanita paling berpengaruh di dunia.

Forbes mencatat perjalanan Sri Mulyani saat kembali ke perannya sebagai Menteri Keuangan Indonesia setelah menjabat sebagai direktur pelaksana dan COO Bank Dunia.

"Sebagai menteri keuangan, ia meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi pajak yang akan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak," tulis Forbes dipantau dari lamannya, Sabtu (14/12/2019).

Forbes mencatat bahwa tahun lalu Sri Mulyani  menerima penghargaan bergengsi sebagai  Menteri Terbaik di KTT World Government Summit atas upayanya mengimplementasikan reformasi.

"Saat berada di Bank Dunia, ia menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.
Indrawati menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia dari 2005 hingga 2010, membantu memandu transisi negara dari otokrasi ke demokrasi," tulis Forbes.

Forbes mencatat tahun 2019 sebagai tahun kekuatan bagi kaum wanita.

Maggie McGrath dari Forbes menyebut kalimat "Jangan main-main dengan saya," yang dilontarkan Pelosi kepada seorang wartawan yang menyindirkan motifnya mengajukan usul pemakzulan terhadap Trump semata karena masalah pribadi sebagai gambaran kekuatan perempuan di tahun ini.

"Itu bisa menjadi mantra untuk hampir semua Forbes 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia,' ujar McGrath.

Berdasar daftar yang dirilis Forbes, Kanselir Jerman Angela Merkel, sedang berjuang melawan sentimen anti-imigran di Eropa berada fdi peringkat teratas.

Selanjutnya terdapat nama Taylor Swift yang sedang berjuang melawan industri pendukung dan perusahaan ekuitas swasta atas hak kepemilikan lagu musisi, disusul aktivis lingkungan yang berusia 16 tahun Greta Thunberg — salah satu dari 23 pendatang baru dalam daftar tersebut — yang sedang berjuang meningkatkan kesadaran warga dunia tentang ancaman perubahan iklim dan membangkitkan jutaan anak muda di seluruh dunia.

Sejumlah nama menyusul kemudian, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sumber : Forbes