Advertisement

Dua Pesawat Garuda Saling Berhadapan di Soekarno-Hatta, Kemenhub Langsung Investigasi

Rio Sandy Pradana
Sabtu, 14 Desember 2019 - 13:47 WIB
Nina Atmasari
Dua Pesawat Garuda Saling Berhadapan di Soekarno-Hatta, Kemenhub Langsung Investigasi Pesawat Garuda Indonesia - JIBI/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Sebuah insiden dua pesawat milik Garuda Indonesia berhadapan (head on) pada satu taxiway terjadi di Bandara Soekarno Hatta. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan akan melakukan investigasi lebih lanjut pascainsiden tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti menjelaskan insiden salah taxi tersebut akan ditindaklanjuti dengan melakukan investigasi.

Advertisement

Insiden salah taxi di Bandara Soekarno Hatta dialami oleh dua pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA-649 registrasi PK-GMH dan GA-264 registrasi PK-GRR, pada 12 Desember 2019 pukul 10.26 WIB.

"Kami akan memanggil pilot dan petugas pengendali lalu lintas udara [air traffic controller/ATC] yang bertugas saat itu," kata Polana, Sabtu (14/12/2019).

Dia menambahkan kronologi sementara, GA-649 landing pada Runway RWY07L dan diarahkan oleh petugas ATC untuk masuk ke NC4 dan NP1, kemudian holdshort pada NC3. Namun, kemudian pilot masuk ke NP2. 

Pada saat yang bersamaan, pesawat GA-264 telah berada di Taxiway NP2, sehingga menyebabkan kedua pesawat tersebut berada pada kondisi berhadapan (head on).

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno Hatta Herson memastikan operasional penerbangan di bandara tidak terganggu pasca insiden Taxiway Incursion (head On).

“Saat ini, kami sedang meminta data dan melakukan investigasi lanjut,” jelas Herson.

Pada kejadian tersebut, pesawat terbang GA-649 dilakukan towing keluar dari taxiway hingga operasional bandar udara berjalan normal. Tidak terjadi kerusakan apapun pada kedua pesawat dan seluruh penumpang selamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disperin Gunungkidul Akan Monitoring Pemberian THR

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement