Advertisement

Tol Solo-Bandara Kulonprogo Sepanjang 93,4 Kilometer Mulai Dilelang

Aprianus Doni Tolok
Senin, 04 November 2019 - 22:57 WIB
Budi Cahyana
Tol Solo-Bandara Kulonprogo Sepanjang 93,4 Kilometer Mulai Dilelang Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mulai menggelar Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol melalui prakualifikasi untuk ruas tol Solo-Jogja-Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo dengan panjang 93,4 kilometer.

Seperti dikutip dari pengumuman yang dimuat di laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR), pendaftaran prakualifikasi ini dimulai pada 3 November 2019 hingga 3 Januari 2020.

Advertisement

Proyek yang merupakan proyek Atas Prakarsa Badan Usaha (Unsolicited Project) dengan Hak Menyamakan Penawaran (right to match) pada konsorsium PT Adhi Karya (Persero) Tbk., Gama Group, dan PT Daya Mulia Turangga, diperkirakan menelan investasi hingga Rp22,54 triliun.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dilakukan untuk tetap membuka peluang bagi badan usaha di luar konsorsium untuk ikut berinvestasi di dalamnya. Artinya, kendati ide pembangunan jalan tol Jogja-Solo berasal dari badan usaha, keberadaan kompetitor tetap diperhitungkan. “Badan usaha mana yang bisa memberikan tarifnya lebih murah, tentu akan ditetapkan sebagai pemenang tender oleh pemerintah,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Dalam catatan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, pada awalnya ruas tol ini akan terus membentang hingga Cilacap. Namun, badan usaha pemrakarsa kemudian memutuskan untuk mendahulukan pembangunan ruas Solo-Jogja-Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement