Menkes dan Kepala BKKBN Bahas Stunting di Indonesia

Dokter Terawan Agus Putranto - Antara
28 Oktober 2019 14:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTAMenteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menemui Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo eserta jajarannya di Kantor BKKBN. Kunjungan tersebut guna membahas penanggulangan masalah stunting atau kekerdilan pada anak yang masih dihadapi bangsa Indonesia.

Menkes Terawan di kantor BKKBN Jakarta, mengatakan dirinya mendatangi kantor BKKBN untuk menyambung silaturahmi dalam memperkuat sinergitas kerja bersama antara BKKBN dan Kementerian Kesehatan yang bersinggungan dengan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas.

Kerja bersama antara Kemenkes dan BKKBN yang diharapkan bisa diperkuat antara lain dalam upaya penurunan angka stunting, serta penurunan kasus angka kematian bayi dan kematian ibu.

"Kita bekerja secara harmonis, sekat-sekat dihilangkan hingga penanganan stunting jadi prioritas, angka kematian bayi, angka kematian ibu bisa kita turunkan drastis otomatis dengan meningkatkan kesejahteraan mereka (masyarakat) baik jasmani dan pendidikan," kata Menkes Terawan, Senin (28/10/2019). 

Kesejahteraan pendidikan yang dimaksud oleh Menkes adalah pemahaman dan edukasi masyarakat terkait kesehatan. Terawan menekankan pentingnya memberikan pendidikan kepada masyarakat dalam upaya pencegahan kekerdilan pada anak.

Harapannya dengan kesejahteraan masyarakat yang meningkat dengan memiliki uang lebih bisa dilanjutkan dengan memberikan asupan gizi yang seimbang dan sehat kepada anggota keluarganya.

Peran peningkatan pemahaman dan edukasi mengenai kesehatan tersebut diharapkan dapat dilakukan oleh BKKBN yang memiliki 15.000 orang penyuluh keluarga berencana di seluruh Indonesia.

Sebelumnya pada Jumat (25/10/2019) Menkes Terawan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan untuk membahas persoalan defisit program JKN bersama jajaran direksi BPJS Kesehatan.

Sumber : antara