Dirut Bank Mandiri Masuk Bursa Calon Wakil Menteri BUMN, Ini Kata Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir
24 Oktober 2019 17:47 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tak mengelak ketika disebutkan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kartika Wirjoatmodjo adalah beberapa nama yang diusulkan menjadi Wakil Menteri BUMN kepada Presiden Joko Widodo.

"Salah satu yang diusulkan [Kartika], tapi kan nanti yang putusin beliau [Jokowi]," katanya, seusai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna perdana di Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019).

Erick menyatakan bakal mengajukan sekitar tiga nama untuk diangkat sebagai Wakil Menteri BUMN kepada Jokowi.

"Ada 3-4 nama. Tapi kan nanti beliau milih satu, dua. Kami mengajukan beberapa nama, beliau menyeleksi malam ini. Kemungkinan segera diangkat besok," ungkapnya.

Ketika ditanya latar belakang para calon wakil menteri yang diajukannya ke Jokowi, Erick enggan membeberkan detailnya. Dia hanya mengungkapkan wakil menteri tersebut bisa membantunya secara profesional dan memiliki jejak riwayat yang baik.

Sejumlah pihak yang diusulkan pun disebut berasal dari BUMN.

"Lalu, juga karena di sini banyak restrukturisasi, ada juga nanti aksi korporasi, ada juga pengembangan usaha, ya tentu mesti punya background mengerti juga soal keuangan," tambah Erick.

Dia menjamin pengangkatan wakil menteri tidak akan bertabrakan dengan para deputi yang ada di kementerian karena organisasi yang dipimpinnya memayungi sekitar 142 perusahaan di bawahnya.

Kartika menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri sejak 2015. Sebelumnya, dia pernah ditunjuk sebagai Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada awal 2014.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia