Jika Tito Karnavian Masuk Kabinet, Siapa Pengisi Kursi Kapolri?

Wakapolri Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto - ANTARA/Puspa Perwitasari
22 Oktober 2019 13:47 WIB Sholahuddin Al Ayyubi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kapolri jika Jenderal Pol. Muhammad Tito Karnavian besar kemungkinan masuk Kabinet Indonesia Kerja Jilid II di bawah pimpinan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin, karena ikut dipanggil ke Istana Kepresidenan. Wakapolri Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto diprediksi akan menjadi Plt. 

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengaku sudah mendapatkan informasi bahwa surat Plt. Kapolri tengah diproses oleh Mabes Polri. Menurutnya, nama yang tengah diusulkan untuk menjadi Plt. Kapolri yaitu Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

"Jika Kapolri Tito Karnavian diangkat jadi Menteri dalam kabinet Jokowi pada Rabu besok, maka bisa dipastikan Ari Dono akan jadi Plt Kapolri," tutur Neta, Selasa (22/10/2019).

Neta memprediksi posisi Plt. Kapolri tersebut akan dipegang Ari Dono hingga memasuki masa pensiunnya pada Desember 2019.

Setelah itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol.  Gatot Eddy Pramono akan naik jabatan menjadi Kapolri, mengganti posisi Plt. Kapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.
 
"Untuk kemudian, posisi Kapolri nantinya dipegang Gatot Edi, kami prediksi penetapan Plt. ini berjalan lancar tanpa hambatan apapun," kata Neta.

Sementara itu, ada dua kandidat kuat yang akan menjadi Kapolda Metro Jaya yaitu Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Rudi Sufahriadi dan Kapolda Lampung Irjen Pol. Purwadi Arianto.

"Dua nama itu adalah kandidat terkuat untuk jadi Kapolda Metro Jaya," ujar Neta. 

Sumber : Bisnis.com