Advertisement

Hindari Dampak Buruk Internet pada Anak, Ini 4 Saran Kaspersky

Rahmad Fauzan
Selasa, 15 Oktober 2019 - 09:47 WIB
Sunartono
Hindari Dampak Buruk Internet pada Anak, Ini 4 Saran Kaspersky Ilustrasi anak kecil dengan smartphone - flickr

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Orangtua merupakan aktor utama yang berperan penting dalam melindungi anak-anak serta anggota keluarga lainnya dari ancaman di dunia maya.

Dalam survei global terbaru dari Kaspersky terkait dengan keamanan anak dalam menggunakan internet yang diterima JIBI/Bisnis, Senin (14/10/2019), diungkapkan bahwa beberapa orang tua lebih suka berada di zona aman daripada mempercayai penilaian anak mereka.

Advertisement

Penelitian tersebut menunjukkan sebanyak 67% orangtua setuju bahwa anak-anak mereka memiliki kesadaran penuh akan risiko daring. Meskipun demikian, sekitar setengahnya dikatakan tetap memiliki kewaspadaan yang didukung dengan menggunakan berbagai alat dan praktik untuk menjaga anak-anak mereka tetap aman saat menggunakan internet.

Untuk membantu orangtua melindungi anak-anak dan anggota keluarga lainnya dari ancaman online, Kaspersky merekomendasikan beberapa hal, antara lain:

1. Adopsi pemblokiran perangkat otomatis untuk membantu mengontrol waktu yang dihabiskan anak Anda di komputer, ponsel cerdas, atau tablet mereka. Dengan ini, Anda dapat menghentikan anak-anak dari menghabiskan seluruh waktu luang mereka di depan layar dan dapat mengatur jumlah waktu yang sesuai.

2. Media sosial merupakan bagian dari ruang pribadi anak, sehingga pemantauan perilaku online dapat dianggap sebagai pelanggaran privasi, hal ini terutama terjadi di kalangan anak-anak yang berusia lebih tua. Anda cukup meminta keterlibatan demi mendapatkan pemahaman yang baik akan minat mereka dan sekaligus membangun hubungan lebih dekat.

3. Para anak-anak tidak begitu sering untuk membicarakan konten media sosial mereka dengan orang tua. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mendiskusikan bagaimana mereka menggunakannya, tanpa mengkritik atau menekan, dan memberikan saran mengenai cara menjaga ketika menjalin pertemanan atau koneksi baru.

4. Dengan berlangganan Kaspersky Security Cloud edisi keluarga, orangtua dapat memanfaatkan berbagai fitur untuk menjaga seluruh anggota tetap aman saat online. Layanan ini mencakup Kaspersky Safe Kids yang dirancang khusus untuk melindungi penggunaan internet anak-anak dan perlindungan data pribadi

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Keripik Belut Jadi Favorit Saat Lebaran, Produsen di Sleman Jual hingga 7 Kuintal

Sleman
| Selasa, 16 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement