Advertisement

5 Menteri Berencana Kunjungi Calon Ibu Kota Baru, Siapa Mereka?

Anitana Widya Puspa
Rabu, 02 Oktober 2019 - 04:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Menteri Berencana Kunjungi Calon Ibu Kota Baru, Siapa Mereka? Menteri PPN - Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

Advertisement

Harianjogja.com, BALIKPAPAN - Lima menteri rencananya akan kunjungan lapangan ke Pulau Balang dan lokasi calon lbu Kota Negara di Desa Telemow (PT. ITCI), Kabupaten Penajam Paser Utara.Rencanannya, Rabu (2/10/2019). 

Kunjungan lima menteri tersebut sebagai rangkaian dari Dialog Nasional Rancang Bangun dan Kesiapan Kalimantan Timur sebagai lbu Kota Baru NKRI.

Advertisement

Para menteri tersebut antara lain Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil. 

Dalam sambutannya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah pusat menginginkan agar Kaltim terutama di kawasan ibu kota negara (IKN) tak lagi bergantung pada industri pabrik kan. 

"Intinya kami mengharapkan dengan Kaltim sebagai ibu kota negara akan menjadi salah satu penyebab perekonomian bagi IKN tersebut. Dan tentunya dari aspek pariwisata juga perlu terus dikembangkan," katanya dalam talkshow ibu kota baru bersama pemimpin redaksi media nasional di Hotel Novotel Balikpapan,Selasa malam (1/10/2019).

Ia pun menyebut mendapatkan informasi terkait lokasi IKN yang memiliki pemandangan laut. Selain itu juga wilayahnya berbukit-bukit, berbeda dengan kebanyakan kota besar di Indonesia. 

"Jarang sekali kita punya kota besar berbukit-bukit. Apalagi ini bukitnya besar," sebutnya.

Terlebih Kaltim merupakan lokasi yang masih memiliki sangat banyak space, berbeda dengan kota-kota besar di pulau Jawa yang sudah penuh sesak. 

"Makanya kami berharap kita benar-benar serius mempersiapkan Kaltim sebagai IKN. Karena pemindahan ibu kota ini merupakan sejarah besar. Bukan hal yang dilakukan setiap hari,"tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran, Dishub Bantul Bakal Tempatkan Petugas Jaga di Sejumlah Jalur Tengkorak

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement