Advertisement

Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi: Pancasila Benteng Hadapi Serbuan Ideologi

Amanda Kusumawardhani
Selasa, 01 Oktober 2019 - 14:07 WIB
Nina Atmasari
Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi: Pancasila Benteng Hadapi Serbuan Ideologi Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (ketiga kiri) serta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2019 mengangkat tema Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia. - ANTARA/Wahyu Putro A

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Di Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa takdir Bangsa Indonesia adalah keberagaman.

Pernyataan itu merujuk pada kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari Sabang sampai Merauku, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Advertisement

Selain letak geografis yang luas dan beragam, Indonesia juga memiliki keberagaman etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan serta golongan yang bersatu padu membentuk Indonesia.

“Dan yang menjadi pemandu bagi persatuan itu adalah Pancasila, ideologi bangsa kita,” tulis Presiden Jokowi dalam fanpage fecebooknya, dikutip dari laman setkab.go.id, Selasa (1/10/2019).

Menurut Jokowi Pancasila sebagai dasar negara telah menjadi benteng dalam menghadapi serbuan ideologi-ideologi lain. Tak hanya itu, Jokowi mengungkapkan berbagai ujian datang untuk menggoyahkan persatuan, tapi semuanya terpental oleh komitmen bersama untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Begitu juga proses demokrasi yang telah berhasil kita kelola dengan baik berkat nilai-nilai Pancasila yang menjadi pemandunya,” ujar Presiden.

Sebelumnya, Jokowi memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement